Polisi Selidiki Terbakarnya Puluhan Kapal di Bali

Editor: Koko Triarko

196
DENPASAR – Kapolda Bali, Irjen Pol Petrus Reinhard Golose, mengatakan, pihaknya masih menyelidiki penyebab kebakaran yang menghanguskan setidaknya 40 kapal di Pelabuhan Benoa. Hal tersebut disampaikan saat meninjau lokasi kebakaran puluahn kapal itu.
Ia juga mengatakan, Tim Labfor telah diterjunkan di tempat kejadian. Tetapi, petugas masih harus menunggu proses pendinginan kapal, karena terlihat bagian kapal yang masih mengeluarkan api.
“Sampai saat ini, kami masih terus menyelidiki terbakarnya kapal. Namun, kami mengimbau pihak pelabuhan agar memperbaiki fasilitas tanggapan di pelabuhan, karena masih terdapat banyaknya kapal-kapal di sini yang mangkrak dan dibiarkan begitu saja oleh para pemiliknya,” ucap Jendral bintang dua ini, Senin (9/7/2018).
Kapolda Bali, Irjen Pol Petrus Reinhard Golose, saat berada di Pelabuhan Benoa. -Foro: Sultan Anshori.
Menurut Kapolda Golose, sebenarnya Pelabuhan Benoa sudah tidak layak dijadikan pelabuhan, karena masih sering terjadinya pasang surut air laut. Sehingga jika ada kebakaran, pihak terkait susah untuk meminimalisir dampak kebakaran.
“Ke depan, kami juga akan membantu melakukan pengawasan aktivitas di Pelabuhan Benoa ini,” kata polisi asal Manado, ini.
Sementara itu, meski terbakar hebat, kejadian ini tidak sampai menimbulkan korban jiwa. Hanya saja, petugas mengalami kesulitan saat melakukan proses pendinginan kapal yang terbakar.
Ida Bagus Joni Arimbawa, Kepala BPBD Kota Denpasar, mengatakan, pihaknya sudah berusaha sebisa mungkin untuk memadamkan api.
“Tetapi, kami mengalami kesulitan, karena jarak kapal yang masih terbakar agak jauh dari bibir pelabuhan, sehingga butuh waktu agak lama,” ucapnya, kepada Cendana News saat ditemui di lokasi.
Sementara itu, menurut laporan sementara, ada  kurang lebih 40 kapal yang terbakar dengan kerugian ditaksir mencapai satu hingga dua miliar rupiah per kapal.
Kebakaran yang melanda puluhan kapal tersebut, berhasil dipadamkan, setelah hampir 12 jam. Diduga penyebab utama api susah dipadamkan, karena sebagian besar material kapal terbuat dari kayu. Selain itu, juga banyaknya material yang mudah terbakar di dalam kapal, seperti solar dan material lain.
Lihat juga...

Isi komentar yuk