PPDB 2018 Tingkat SMPN di Balikpapan, Lancar

Editor: Koko Triarko

410
BALIKPAPAN – Hari ketiga pelaksanaan Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMP Negeri di Kota Balikpapan, berjalan lancar. Namun, PPDB tingkat SMA tak berjalan lancar, karena terkendala server, sehingga pendaftaran dilakukan manual dan input dilakukan oleh pihak sekolah.
Sementara itu, sistem zonasi yang diterapkan sebesar lebih dari 80 persen pada PPDB tahun ini, masih berjalan lancar. Lancarnya pelaksanaan PPDB tingkat SMP ini diketahui setelah Komisi IV DPRD Balikapan melakukan inspeksi mendadak ke SMP Negeri 22 di Kelurahan Sumber Rejo, Kecamatan Balikpapan Tengah, Rabu (4/7/2018).
“Kita melihatnya tidak ada masalah dan terlihat lancar. Penerapan zonasi juga setiap SMP Negeri sudah siap untuk menerima 90 persen calon siswa yang masuk dalam zonasi,” jelas Wakil Ketua Komisi IV DPRD Balikpapan, Aminuddin, di sela sidak di SMP Negeri 22 Balikpapan.
Sesuai Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) Nomor 14 Tahun 2018, Aminuddin mengatakan, aturan tersebut tetap dijalankan, karena bila tidak, tentu sekolah mendapatkan sanksi yang cukup berat.
“Sanksinya berat, mulai dari teguran tertulis, penundaan atau pengurangan hak, pembebasan tugas dan yang paling parah itu pemberhentian tetap dari jabatan,” sebutnya.
Di tempat yang sama, Pelaksana Tugas Kepala SMPN 22 Balikpapan, Supriyanto, menyebutkan, saat ini PPDB telah memasuki tahap Zonasi 2 untuk enam kelurahan di Kecamatan Balikpapan Tengah dan Balikpapan Utara, dengan kuota atau daya tampung 256 siswa.
“Untuk calon siswa dari luar kota dan umum, pendaftarannya dimulai sejak 7 sampai 9 Juli mendatang. Itu termasuk juga untuk kategori calon siswa berprestasi,” imbuhnya
Ditambahkan, jumlah pendaftar saat ini lebih banyak dari daya tampung yang diberikan, dan masih kekurangan ruang kegiatan belajar (RKB). Di SMP Negeri 22 terdapat 22 RKB.
“Kalau ada tambahan RKB, tentu akan ada penambahan kuota,” tandasnya.
Baca Juga
Lihat juga...