banner lebaran

Prancis Tim Pertama ke Semi Final Setelah Kalahkan Uruguay

196

RUSIA — Sebuah gol sundulan kepala dari Raphael Varane dan blunder kiper yang menghadiahkan satu gol bagi Antoine Griezmann memberi kemenangan Prancis 2-0 atas Uruguay dalam pertandingan perempat final pertama pada Jumat (6/7/2018), dan memastikan tim itu bakal melawan Brazil atau Belgia di babak empat besar.

Varane sukses mengeksekusi bola umpan tendangan bebas dari Griezmann pada menit ke-40, namun tim Amerika Selatan itu nyaris menyamakan kedudukan sebelum berakhir babak pertama ketika tandukan bola dari Martin Caceres gagal menjadikan gol yang ditepis oleh kiper Hugo Lloris.

Namun justru hal seperti itu menjadi suatu kesalahan bagi kiper Uruguay Fernando Muslera yang tepisan bola justru masuk ke gawang setelah mencoba menghadang bola hasil tembakan dari luar kotak penalti dari Griezmann pada menit ke-61.

Uruguay yang tampil tanpa diperkuat striker kunci Edinson Cavani, berusaha tampil bagus meski tanpa pemain itu, namun Prancis mampu melakukan kontrol bola dengan baik untuk menjamin tempat mereka di semi final.

Prancis menjadi tim pertama yang lolos ke semi final putaran final Piala Dunia 2018 di Rusia setelah mengalahkan Uruguay dengan skor 2-0 pada babak perempat final, yang digelar di Stadion Nizhny.

Prancis kini sedang menanti lawan yakni pemenang antara Brasil dan Belgia. Pantauan melalui saluran resmi FIFA, Jumat malam, gol pertama Prancis diciptakan oleh Varane pada babak pertama menit ke-40 melalui sundulan.

Proses terjadinya gol berawal dari pelanggaran yang dilakukan Bentancur terhadap Tolisso pada menit ke-38, sehingga pemain Uruguay tersebut mendapatkan kartu kuning.

Tendangan bebas oleh Griezmann disambar sundulan oleh Varane dan masuk di sudut kanan gawang Uruguay.

Sementara gol kedua oleh Griezmann pada babak kedua di menit ke-61, setelah mendapatkan umpan dari Giroud yang diterimanya dari Pogba melalui serangan balik yang berjalan apik dan rapih.

Pada laga yang digelar di Nizhny Novgorod, memasuki babak kedua, Uruguay lebih bermain terbuka dibandingkan babak pertama dengan sebagian pemainnya menyerang bersama ketika mendapatkan bola.

Beberapa kali Uruguay mampu menyerang hingga ke areal penalti Prancis, namun beberapa kali kandas di pemain belakang lawan atau tendangannya terlalu melebar.

Pelatih Uruguay memasukkan dua pemain pengganti sekaligus yakni Bentancur digantikan Rodriguez dan Stuani oleh Gomez.

Sebaliknya, tim Prancis sering memainkan bola-bola pendek guna membongkar pertahanan Uruguay. Sehingga pada menit ke-61 berhasil menambah gol melalui Griezmann.

Gol kedua Prancis oleh Griezmann itu berawal dari serangan balik yang dikoordinasikan oleh Pogba dikirim ke Giroud dan oleh Giroud diberikan kepada Griezmann yang berdiri bebas, kemudian melesakkan tepat di depan penjaga gawang, namun bola yang ditepis berputar ke samping kanan atas dan ke belakangnya sehingga masuk.

Griezmann tidak merayakan golnya tersebut, dia hanya diam dan kemudian didatangi rekan-rekannya dan memeluknya.

Pada menit ke-67 wasit memberikan kartu kuning sekaligus kepada Mbappe dan Rodriguez karena terlibat perselisihan yang mengakibatkan pemain lainnya ikut terpancing.

Pelatih Prancis memasukkan Nzonzi menggantikan Tolisso pada menit ke-79 untuk memperkuat pertahanan mereka.

Menit ke-87 Mbappe ditarik digantikan oleh Dembelle. Para pemain Uruguay memanfaatkan tambahan waktu 5 menit di babak kedua dengan berusaha menyerang guna mengejar ketertinggalan, namun pemain belakang Perancis cukup sigap menghalau dan mengadang setiap serangan.

Pada menit tambahan tersebut, Griezmann diganti oleh Fekir. Jalannya laga pada babak pertama yakni sejak peluit ditiup, Prancis yang memegang bola kick off langsung menguasai permainan untuk dua menit berjalan.

Memasuki menit keempat, Uruguay berbalik menguasai bola dan berhasil menyerang hingga ke dalam kotak penalti, namun penyelesaiannya belum maksimal.

Laga berjalan sepuluh menit, wasit sudah beberapa kali menghentikan pertandingan karena adanya pelanggaran, dan mayoritas dilakukan oleh pemain Uruguay, terhadap pemain Perancis.

Menit ke-14 tendangan penjuru untuk Uruguay bola sempat disundul dan dapat ditepis oleh penjaga gawang Perancis.

Menit ke-15 Mbappe mendapat peluang emas, setelah menerima bola dari sundulan Giroud, bola diterima dengan disundul dan diarahkan melambung jatuh melewati bagian atas mistar gawang Uruguay.

Karena sulitnya mendekati area serang Uruguay, Pogba ketika mendapatkan bola di luar kotak penalti mencoba menendangnya ke arah gawang, namun masih melambung ke kiri atas.

Hingga tiga puluh menit pertama, meski terjadi saling serang, namun nampak kedua tim terlihat lebih berhati-hati.

Menit ke-33 pemain Prancis Lucas Hernandez mendapat kartu kuning karena menarik baju Nandez hingga koyak. pada menit ke-44, Uruguay mendapatkan peluang emas, namun penjaga gawang Prancis Lloris tampil apik karena mampu menggagalkan beberapa tendangan maupun sundulan yang mengarah ke gawangnya. (Ant)

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.