Presiden Senang Perkembangan Koperasi Meningkat

218
Presiden RI, Joko Widodo -Dok: CDN
TANGERANG – Presiden Joko Widodo, mengaku sangat senang perkembangan koperasi Indonesia sudah mulai meningkat, termasuk dari sisi kontribusi terhadap PDB (Produk Domestik Bruto).
“Saya sangat senang sekali, bahwa perkembangan koperasi sudah ada peningkatan yang cukup baik, kontribusi koperasi terhadap PDB ini 4,48 (persen) dari sebelumnya 3,99 (persen),” kata Presiden Joko Widodo, dalam acara puncak peringatan Hari Koperasi Nasional ke-71 yang digelar di ICE BSD, Tangerang, Kamis (12/7/2018).
Ia mengatakan, ada peningkatan yang cukup baik dari sisi perkembangan koperasi di Tanah Air. Sayangnya, menurut dia, belum ada loncatan yang signifikan dari koperasi.
“Tetapi belum meloncat, yang kita inginkan sebuah lompatan sistem ekonomi gotong royong yang kita miliki,” katanya.
Meski ia mendengar ada koperasi di Indonesia yang sudah masuk bursa sekitar tiga bulan yang lalu. “Dari Kospin Jasa, kita harus mulai ke arah-arah itu, koperasi harus mulai ke arah-arah itu,” katanya.
Menurut Presiden, saat ini di era teknologi, perkembangan terjadi sangat cepat dan dinamis.
Dahulu ketika HP belum ada, siapa pun yang ingin menelepon harus menggunakan telepon kabel. Tak lama kemudian berkembang GSM dengan berbagai merk handphone yang berkembang ketika itu.
“Lalu ada smartphone yang sudah jadi telepon genggam Android dengan berbagai variasi, kita masuk lagi begitu sangat cepat dari tahun ke tahun,” katanya.
Kini, perkembangan telah merujuk ke era Google, Facebook, YouTube, Instagram, di dalam negeri ada Go-Jek, Grab, Tokopedia, Traveloka, Bukalapak, dan Blibli.
“Semua harus kita ikuti. Perkembangan seperti ini harus kita lihat, semua harus melihat perkembangan-perkembangan seperti ini, bagaimana koperasi masuk ke teknologi digital,” katanya.
Pada kesempatan itu, Presiden Jokowi juga menyematkan anugerah kepada sejumlah tokoh yang menerima penghargaan serta meninjau Harkopnas Expo 2018 yang memamerkan produk-produk koperasi Indonesia.
Presiden didampingi sejumlah pejabat, di antaranya Menko Perekonomian, Darmin Nasution, Menteri Koperasi dan UKM, Puspayoga, dan Ketua Dekopin, Nurdin Halid. (Ant)
Baca Juga
Lihat juga...