Ribuan Warga Sambut Torch Relai Obor Asian Games

Editor: Satmoko Budi Santoso

442

SOLO – Semarak penyambutan torch relai Obor Asian Games di Kota Solo, Jawa Tengah, berlangsung meriah. Ribuan warga Solo turun jalan untuk menyaksikan lari estafet yang berakhir di Pendapo Gedhe Balai Kota Solo.

Penerimaan Obor api abadi dari Prambanan, Yogyakarta ke Solo ini dilakukan di Gapuro Mahkuto, yang menjadi titik pertama. Di lokasi ini, proses penyalaan Obor Asen Games menggunakan api abadi dari India dan Mrapen langsung dilakukan oleh Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo yang didampingi Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Tjondro Kirono.

Sejumlah pejabat penting seperti Pangdam IV Diponegoro Mayjen TNI Wuryanto, Danrem Solo, Dandim Solo, Kapolresta Solo serta Pimpinan Muspida di Solo juga turut hadir.

Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo saat memberikan keterangan kepada awak media – Foto Harun Alrosid

Bahkan, Kapolda Jawa Tengah menjadi orang yang pertama melakukan torch relai Obor Asian Games di Kota Solo dari Gapuro Mahkuto hingga Pos Fajar Indah, Jajar, Laweyan. Selanjutnya, Obor Asian Games secara estafet digantikan oleh 17 pelari lainnya. Sederet tokoh, artis serta mantan atlit turut memeriahkan dalam rangka torch relai Obor Asian Games di Kota Solo.

Diantaranya, Nurul Faradila atlit Taekwondo, Nur Ishak Al Jufri, Melabie Putria Dewitasari, Haris Nugroho atlit pencak silat, Frasisca Valentina, Rocky Putirai mantan bintang pesebak bola Indonesia, Li Ning, Endang Sri Lestari, Allen Budiono, Dian Sastro Wardoyo, dan Menteri PUPR Basuki Hadi Muljono.

Indonesia yang menjadi tuan rumah Asian Games 2018 menjadi penyemangat tersendiri dalam ajang pesta olah raga terbesar di Benua Asia ini. Bahkan impian untuk menjadi juara umum dalam Asian Games ini digantungkan kepada para atlit dari Indonesia.

“Semoga Indonesia bisa berjaya,” ucap singkat mantan bintang pesebak bola Indonesia, Rocky Putirai di sela torch relai Obor Asian Games di Kota Solo, Kamis (19/7/2018).

Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo menyatakan, Obor Api Abadi Asian Games yang dikirab di Solo merupakan wujud antusiasme masyarakat akan pesta oleh raga terbesar di Asia tersebut. Oleh karena itu, selama gelaran Asian Games, Pemerintah Kota Solo akan menyelenggarakan nonton bareng (Nobar) di sejumlah titik strategis.

“Tentu yang dibawa adalah semangat untuk bisa mejadi juara dalam Asian Games ini. Solo yang menjadi kota PON pertama di Indonesia memiliki sejarah tersendiri akan adanya pesta olah raga di Indonesia. Kita nanti gelar Nobar di sejumlah lokasi. Penyalaan api abadi di Obor Asian Games juga baru pertama ini saya lakukan,” urainya.

Disebutkan Rudy, Obor api abadi Asian Games ini akan menginap semalam di Pendai Gedhe, Solo hinga pukul 05.00 esok pagi. Selanjutnya, obor akan diterbangkan ke Malang, Jawa Timur untuk melanjutkan torch relai Obor Asian Games 2018 keliling kota di Indonesia.

“Dari ini hingga esok hari akan kita jaga, baik dari personil TNI/Polri maupun Satpol PP Solo. Kita siapkan semuanya, akan malam masih ada acara dalam rangka penyambutan Asian Games ini,” tandasnya.

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.