Robot Jibom Dikirim Amankan Arena Asian Games

Editor: Makmun Hidayat

208

MAKASSAR — Sukses penyelenggaraan Asian Games menjadi pertaruhan wibawa Indonesia di mata dunia. Karenanya, seluruh aparat keamanan baik TNI maupun Polri fokus memberikan pengamanan demi suksesnya event olahraga terbesar di Benua Asia ini.

Salah satunya seperti yang dilakukan Brimob Polda Sulawesi Selatan. Brimob mengirimkan regu penjinak bahan peledak (Jihandak) ke arena Asian Games di Jakarta dan Palembang dilengkapi dengan peralatan yang di antaranya robot penjinak bom (jibom).

“Kami mengirimkan personel sesuai dengan permintaan dan spesialisasi anggota, yakni ahli dalam menjinakkan bom ke arena Asian Games. Peralatannya juga ikut seperti robot jibom,” ucap Komandan Satuan Brimob Polda Sulsel, Kombes Pol Adeni Muhan.

Menurut Muhan, robot penjinak bom bisa digunakan untuk kepentingan strerilisasi. Alat canggih ini dinilai mampu memaksimalkan pengamanan dengan menjangkau tempat-tempat tersulit. Robot jibom yang dimiliki satuannya akan sangat membantu dalam pengamanan-pengamanan ekstra seperti event Asian Games di Jakarta dan Palembang tersebut.

“Ada tempat-tempat sulit yang dijangkau dan berisiko tinggi oleh manusia tapi bisa dijangkau teknologi seperti robot jibom ini, sehingga adanya robot jibom pasti akan sangat membantu sekali,” katanya

Sebelum dikirim ke arena Asian Games, ia memastikan akan memeriksa terlebih dahulu semua kesiapan anggota beserta peralatan tempurnya yang akan dikirim. Total anggota yang dikirim sebanyak 10 personel dengan tiga regu yang memiliki keahlian di masing-masing regu, seperti keahlian penjinak bahan peledak, perlawanan teror (wanteror), keahlian kimia, biologi dan radio aktif (KBR) serta keahlian bantuan teknis (bantis).

“Pertama kita kirim satu tim dulu khusus dari unit Jibom yang dipimpin langsung oleh Kanit Jibom Iptu Zainal. Dua tim lainnya untuk sementara ini standby dan siap untuk diberangkatkan. Tergantung perintah dan situasinya,” terangnya.

Ia menjelaskan, secara keseluruhan peralatan yang akan disertakan bersama anggota yang diberangkatkan terdiri dari digital vanguard, robot pelacak yang berperan menembus titik yang sulit dijangkau, alat pengurai bom, bomb disposal, baju pelindung dan alat semprot bahan kimia.

Ia memastikan tim yang diberangkatkan merupakan tim terpilih. “Mereka tim terpilih yang sumber daya berikut perlatannya telah dipersiapkan secara maksimal.” pungkasnya.

Baca Juga
Lihat juga...