Rumah Inyiak, Primadona Wisata Baru di Bukittinggi

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

326

BUKITTINGGI — Pesona Wisata Inyiak adalah salah satu tempat wisata yang menjadi buah bibir masyarakat di Sumatera Barat, khususnya yang selalu menjadi mencari lokasi untuk menikmati akhir pekan.

Pesona Wisata Inyiak biasa dikenal dengan rumah pohon inyiak berlokasi di Kelurahan Kayu Kubu, Kota Bukittinggi Sumatra Barat, atau disekitar ngarai sianok, berkisar kurang lebih dua kilo meter dari pusat kota Bukittinggi atau jam gadang.

“Bermodal semangat dan tekad, rimba belantara dijadikan lokasi wisata keluarga dengan keunikan alamnya, menyajikan primadona rumah pohon dan rumah rumput,” kata Inyiak.

Ismail yang biasa dipanggil Inyiak menjelaskan, untuk menuju ke lokasi, dari turunan Ngarai Sianok dan Lubang Jepang, sebelum jembatan ngarai belok kekiri ke arah rumah makan Itiak Lado Hijau, hanya sekitar tiga menit sudah bisa menemukan komplek Pesona Rumah Inyiak.

Inyiak yang juga mantan tentara ini menyampaikan rumah pohon juga menyediakan foto both kepada pengunjung, hanya bayar 10 ribu rupiah ketika akhir pekan untuk dewasa dan gratis buat anak-anak di bawah 10 tahun.

Lokasi wisata Inyiak yang ada di Kota Bukittinggi/Foto: M. Noli Hendra

Ia menjelaskan, di tempat wisata itu juga menyediakan palanta-palanta dengan menu yang terjangkau oleh masyarakat.

“Saat ini kita sedang mengurus izin ke Pemko Bukittinggi agar bisa membuka cottage atau penginapan bagi wisatawan nantinya. Saat ini kita baru bisa menyediakan tempat kumpul buat reunian dan gathering, saat ini kita buka sampai jam 18.00 WIB,” ujarnya, Minggu (22/7/2018).

Sementara itu, Yuhesa salah satu pengunjung mengatakan kalau rumah pohon di Bukittinggi sedang viral di sosial media khususnya instagram dan facebook.

“Saya tertarik untuk mengunjungi karena view lokasi ngarai sianok dan arena offroadnya,” jelasnya.

Harapannya Pesona Wisata Inyiak akan menjadi salah satu objek wisata geopark di Sumatera Barat, yang memberikan pengaruh terhadap konservasi, edukasi dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Untuk itu perhatian pemerintah sangat dibutuhkan kepada pelaku usahanya agar dapat meningkatkan nilai pariwisata daerah.

Di Bukittinggi cukup banyak ditemukan lokasi wisata yang tidak kalah bagusnya di berbagai lokasi wisata lainnya di Sumatera Barat. Seperti ada Jam Gadang, Benteng Fort De Kock, Istana Bung Hatta, Lobang Jepang, Ngarai Sianok, Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan, Janjang 40, dan banyak wisata lainnya.

Baca Juga
Lihat juga...