Rusia Melaju ke Perempat Final Piala Dunia

199

BANDARLAMPUNG — Rusia maju ke perempat final Piala Dunia 2018 setelah mengalahkan Spanyol melalui adu penalti 4-3 di Stadion Luzhniki, Moskow, Minggu (1/7/2018).

Pantauan melalui saluran resmi FIFA dari Bandarlampung, Minggu malam, adu penalti dilakukan setelah waktu normal 1-1 dan perpanjangan waktu 2×15 menit tetap imbang tanpa ada tambahan gol.

Pada adu penalti tersebut, kiper Rusia berhasil menahan dua tendangan pemain Spanyol, sedangkan peman Rusia mampu memasukkan empat bola ke gawang De Gea.

Penendang penalti Spanyol: Iniesta (gol), Pique (gol) Koke (terblok), Ramos (gol), dan Aspas (terblok kaki kiper).

Sedangkan penendang Rusia: Smolov(gol), Sergei Ignashevich (gol), Golovin (gol),Cheryshev (gol) dan penendang terakhir tidak melanjutkan karena sudah unggul 4-3.

Laga tersebut sebenarnya lebih banyak dikuasai Spanyol namun pertahanan berlapis Rusia membuat serangan tim Spanyol gagal menembus daerah pertahanan.

Spanyol menguasai laga dan mengurung pertahanan Rusia setengah lapangan, dengan memainkan bola-bola pendek dari kaki ke kaki.

Para pemain Rusia turun dan tak satu pun yang ada di daerah Spanyol, namun ketika mereka mendapatkan bola langsung menyerang bersama-sama. Upaya itu mereka lakukan sejak posisi 1-1 hingga perpanjangan waktu usai.

Sementara itu, jalannya pertandingan pada menit ke-53 babak kedua, wasit mengeluarkan kartu kuning untuk Kutepov setelah menahan laju Isco cukup keras. Isco yang mengambil tendangan bebas ke area penalti namun dapat dihalau oleh pemain Rusia.

Isco menjadi inspirasi serangan ketika pada menit ke-58 menggiring bola ke sebelah kanan pertahanan Rusia, dan sempat memberikan bola ke rekannya yang langsung diteruskan ke dirinya, saat berada di dalam kotak penalti lawan, namun tendangannya dapat diblok sehingga membuat tendangan penjuru.

Guna mengatur serangan kedua tim mengganti beberapa pemain, seperti di Rusia memasukkan Cheryshev menggantikan Samedov serta Dzyuba diganti oleh Smolov. Begitu juga di Spanyol pelatih memasukkan Iniesta menggantikan David Silva dan memasukkan Carvajal menggantikan Nacho.

Memasuki menit ke-70, para pemain Rusia pun terus menerapkan pertahanan berlapis dengan turun semuanya, dan sesekali maju saat mendapatkan bola untuk melakukan penyerangan, dan dengan cepat kembali ke pertahanan kala kehilangan bola.

Bebeberapa kali pemain Spanyol mencoba memainkan bola di daerah pertahanan mereka guna menarik pemain Rusia untuk maju, namun pemain lawan tak terpancing.

Serangan Spanyol dengan bola-bola atas lebih banyak kandas di jantung pertahanan Rusia yang kawal pemainnya berpostur tubuh rata-rata lebih tinggi.

Costa pun diganti pada menit ke-80 oleh Aspas. Menit ke-85 Iniesta berhasil menendang bolak ke arah gawang namun dapat dihalau kiper, bola muntah pun yang disambar pemain pengganti Costa dan mendatar dapat ditepis penjaga gawang itu.

Sebelumnya pada babak pertama, Tim Spanyol dan Rusia bermain imbang 1-1 di babak pertama .

Gol bunuh diri pemain belakang Rusia Sergei Ighnashevich membawa Spanyol unggul di menit ke-12.

Gol tersebut berawal dari tendangan bebas, dari sisi sebelah kiri pertahanan Rusia, setelah salah satu pemain tuan rumah melanggar cukup keras pemain Spanyol Nacho.

Bola hasil tendangan bebas yang meluncur keras ke arah jantung pertahanan Rusia persis mengenai bagian belakang pemain Rusia Sergei Ighnashevich (4), yang berusaha menahan laju Ramos.

Setelah gol tersebut pemain Rusia langsung bangkit bahkan beberapa kali serangannya sempat merepotkan pertahanan Spanyol baik dari sisi kiri maupun kanan mereka.

Sementara para pemain Spanyol seperti biasa memaksimalkan kemampuan individu mereka dengan bermain dengan bola-bola pendek dan berusaha membongkar pertahanan Rusia yang cukup rapat.

Pada menit ke-36, Godin berhasil melesakkan bola melalui tendangan keras setelah mendapat umpan dari Dzyuba, namun masih beberapa centimeter ke sisi kiri gawang De Gea.

Menit ke-40 Rusia mendapat hadiah penalti setelah Pique dianggap menyentuh bola saat duel di udara. Penyerang Dzyuba mengambil tendangan dari titik putih dan berhasil menceploskan bola ke sudut kiri dan mengecoh De Gea yang bergerak ke kanan.

Memasuki menit terakhir babak pertama, Spanyol terus membombardir pertahanan Rusia melalui penyerangnya Diego Costa, namun beberapa kali kandas. (Ant)

Baca Juga
Lihat juga...