Sambut Asian Games, Anies-Sandi Gerebek Sudirman-Thamrin

Editor: Mahadeva WS

278

JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno menggerebek kebersihan kawasan Sudirman-Thamrin, Rabu (18/7/2018). Hal tersebut dilakukan dalam rangka menyemarakkan dan menyukseskan perhelatan olahraga akbar Asian Games 2018.

Anies mengatakan, ruas Sudirman-Thamrin adalah salah satu koridor paling utama di Jakarta. Keberadaan koridor tersebut akan disaksikan masyarakay dunia pada penyelenggaraan Asian Games 2018. Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu meminta, seluruh pihak yang terlibat agar menunjukkan kerja serius dan tuntas, untuk memastikan semua yang dikerjakan berkualitas.

“Hari ini, kita canangkan Gerebek Jalan Sudirman-Thamrin sepanjang 43 ribu meter untuk menyambut Asian Games. Ini bukan pekerjaan yang kecil dan remeh. Saya berharap kepada semua untuk melaksanakan kegiatan ini dengan sebaik-baiknya,” kata Anies, Rabu (18/7/2018).

Gerebek yang dilakukan diantaranya, pengecetan di jalan protokol tersebut. Pengecetan dilakukan dari kawasan Dukuh Atas sampai Bundaran Thamrin. 1.000 orang dikerahkan untuk kelancaran program tersebut. Dengan gerebek tersebut, diharapkan masyarakat menjadi terpicu dan terpacu untuk sadar dan mau membudayakan pola hidup bersih, menciptakan keindahan, dan keasrian lingkungan kota.

Anies berkeinginan rasa bangga masyarakat dunia juga terjadi kembali seperti 56 tahun yang lalu, saat Indonesia pertama kali menjadi tuan rumah Asian Games. “56 tahun yang lalu di tempat ini pertama kali Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games, pada waktu itu telah membuat orang terkagum dengan Indonesia. Orang merasa inilah contoh sebuah negeri yang baru 17 tahun merdeka telah bisa menjadi penyelenggara perhelatan olahraga terbesar di Asia,” ucapnya.

Anies memerintahkan, seluruh jajaran di Pemprov DKI untuk menyambut partisipasi warga dalam mewujudkan kerja nyata. Semua Lurah dan Camat diminta untuk menyambut partisipasi warga. “Jangan pernah remehkan (pekerjaan apapun). Kita ingin agar semangat ini diwujudkan dalam kerja nyata,” pungkasnya.

Apel tersebut dihadiri 1.200 petugas kebersihan serta sejumlah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) DKI Jakarta. Aktivitas bersih-bersih tersebut akan dilakukan hingga 12 Agustus 2018 nanti.

Baca Juga
Lihat juga...