Sambut Asian Games di Penjaringan Ada Kampung Tematik

Editor: Satmoko Budi Santoso

298

JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, mengunjungi kampung tematik mural Asian Games di Penjaringan, Jakarta Utara. Kampung tersebut ditata dan dibuat berbagai macam mural dalam menyambut dan memeriahkan perhelatan Asian Games 2018, besok.

Pengecatan ini merupakan hasil kerja sama kolaborasi antara dunia usaha, pemerintah dan masyarakat.

“Kampung Tematik Sketsa ini yang melukis bukan hanya warga dan petugas PPSU tapi juga seniman mural yang sesungguhnya,” ujar Anies di lokasi, Selasa (31/7/2018).

Anies mengemukakan, pelukisan dan pengecatan di kawasan tersebut dipimpin seorang seniman bernama John Martono yang juga seorang dosen seni rupa di Institut Teknologi Bandung.

Aktivitas pengecatan hasil kerja sama kolaborasi antara dunia usaha, pemerintah dan masyarakat. Foto: Lina Fitria

“Ini menunjukkan bahwa kerja sama kolaborasi untuk membawa Jakarta lebih indah sungguh terjadi,” ujar Anies.

Kemudian, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayan itu meminta jajarannya untuk selalu mendukung setiap usaha warga untuk memperindah Kota Jakarta.

“Saya meminta kepada aparat pemerintah untuk menyambut baik, fasilitasi setiap kali ada inisiatif warga dan dunia usaha untuk membuat Jakarta lebih indah,” ujarnya.

Anies menambahkan, sekecil apa pun usaha warga dalam memperindah Jakarta harus selalu didukung. Selain itu, dia menilai, setiap ide warga Jakarta tetap harus dihargai.

“Hargai semuanya, sesederhana apapun idenya. Selama itu aman, selama tidak mengganggu kegiatan masyarakat, justru berikan kesempatan untuk dimanfaatkan bagi keindahan Jakarta,” tuturnya.

Anies mengatakan, dengan adanya kampung tematik sketsa di Penjaringan ini nantinya bisa menginspirasi masyarakat Jakarta lainnya untuk turut mempercantik kampungnya masing-masing.

“Kita berharap nanti program ini bisa di tempat-tempat lain bukan hanya daerah Penjaringan, semoga kampung lain bisa ikut melakukan beautifikasi,” ujarnya

“Senang sekali bisa kembali ke Penjaringan dan datang ke sini. Kita lihat sudah ada wajah yang berbeda di wilayah ini,” sambungnya.

Lebih lanjut, kata Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini, meski belum semua kampung di Jakarta, namun belakangan ini sudah banyak kampung di Jakarta yang turut mempercantik wilayahnya dengan mural dan aneka cat warna-warni.

“Di sebuah tempat ada lukisan mural yang bagus maka memancing daerah lain untuk membangun lukisan mural yang bagus, jadi karena itu saya apresiasi sekali,” tandasnya

Anies menyebut, 18 hari ke depan merupakan sisa waktu mempercantik Ibu Kota. Tujuannya mensukseskan Asian Games 2018.

“Di titik inilah kita menyaksikan ada kampung tematik. Mudah-mudahan nanti lebih banyak lagi dan saya minta kepada aparat pemerintah untuk menyambut baik fasilitasi setiap kali ada inisiatif warga dari dunia usaha untuk membuat Jakarta lebih indah dan hargai semuanya sesederhana apa pun idenya selama itu aman,” imbuhnya.

Kampung tematik sketsa di Kelurahan Penjaringan dipercantik dengan cat aneka warna dan aneka mural. Anies tidak hanya meninjau tetapi juga berfoto di spot-spot mural yang menarik. Mulai dari menaiki sepeda ontel dengan back ground mural depan pintu, lalu berfoto dengan back ground becak dan juga mural anak-anak yang bermain petak umpat.

Selain itu, CEO PT Propan Raya Kris Rianto Adidarman menuturkan, kegiatan pengecatan mural berkonsep Kampung Tematik ini kerja sama dengan Pemprov DKI bukanlah yang pertama kalinya.

“Kami sudah bekerja sama dengan Pemprov DKI sejak lama. Beberapa kerja sama yang pernah terjalin meliputi pelatihan pekerja harian lepas, pengecatan Kota Tua Jakarta, pengecatan Kampung Betawi Setu Babakan dan masih banyak lagi,” ucap Kris.

Menurut Kris, melalui program kampung tematik ini untuk beautifikasi kampung yang digagas oleh Pemprov DKI untuk menyukseskan semarak Asian Games. Tujuannya, memberikan alternatif bagi para wisatawan untuk mengenal sudut-sudut Jakarta.

“Kesuksesan Asian Games 2018 adalah kesuksesan kita semua sebagai bangsa Indonesia. Kami sebagai perusahaan cat asli Indonesia pastinya sangat senang bisa mendukung kegiatan yang memiliki kaitan dengan Asian Games. Semoga dengan adanya kegiatan tak hanya membuat Jakarta lebih cantik tetapi juga dapat memberikan warna berbeda bagi Jakarta dan Asian Games 2018,” paparnya.

Pantauan di lokasi, Anies menyempatkan diri berjalan menyusuri Jalan Kakap. Sejumlah titik sudah digambari dengan mural bertema Jakarta Tempo Dulu. Dirinya terlihat mengamati gambar-gambar mural sambil berjalan menuju Galangan VOC. Bahkan menyempatkan menjajal sepeda hias yang terpajang dan mencoba mengecat.

Diketahui Pemprov DKI Jakarta melakukan kerja sama dengan perusahaan cat nasional PT Propan Raya dalam menyediakan suplai cat untuk penataan kawasan kota tua Penjaringan, terutama di sekitar Galangan VOC.

Kawasan kota tua Penjaringan sudah dikebut penataannya sejak 25 Juli 2018. Jalan-jalan masuk ke kawasan itu dicat dengan tema Kawasan Tematik Sketsa, dengan konsep yang dikerjakan oleh seniman John Martono.

Tak hanya itu, 25 titik di Jalan Kakap juga sudah mulai dihiasi dengan gambar mural yang diinisiasi oleh PT Propan Raya bekerja sama dengan Swapiness, tim mural dari Bogor.

Baca Juga
Lihat juga...