Satu Jam di Candi Boko, Api Asian Games Sedot Pengunjung

Editor: Satmoko Budi Santoso

243

YOGYAKARTA – Keberadaan Api Obor Asian Games 2018 di kawasan Kompleks Candi Ratu Boko mampu menarik perhatian para wisatawan maupun warga setempat yang ada di sekitar lokasi.

Sebelum dibawa ke Candi Prambanan untuk disatukan dengan Api Dari Merapen, Api Asian Games yang dibawa dari India, memang dibawa terlebih dahulu ke kompleks Candi Ratu Boko.

Meski hanya sekitar 1 jam berada di Candi Ratu Boko, namun antusiasme masyarakat menyambut Api Obor Asian Games ini cukup tinggi. Para warga nampak sengaja datang ke lokasi sekedar untuk menyaksikan obor yang masih ditempatkan dalam wadah khusus berupa lentera itu.

Salah seorang pengunjung Sugiyati – Foto: Jatmika H Kusmargana

Salah seorang warga, Sugiati asal Prambanan, mengaku sengaja datang bersama anaknya untuk menyaksikan api obor Asian Games ini. Selain dekat dengan rumahnya, ia juga mengaku penasaran dengan api tersebut setelah melihat pemberitaan di media massa.

“Ya memang sengaja datang ke sini untuk lihat. Penasaran saja. Apalagi kan cuma dekat dengan rumah,” ujarnya.

Sementara itu, salah seorang wisatawan yang sedang berkunjung ke kompleks Candi Ratu Boko, Shela mengaku tidak mengetahui jika ada acara peletakan api Asian Games di kawasan candi. Ia pun mengaku beruntung bisa melihat api Asian Games tersebut.

“Tidak tahu, ini tadi cuma sekedar jalan-jalan saja sama anak dan suami. Tahunya ada acara ini, kebetulan banget. Jadi bisa lihat langsung dan foto sama Susi Susanti,” ujarnya.

Setelah diinapkan selama semalam di Museum Dirgantara Yogyakarta sejak Selasa kemarin, Api Obor Asian Games 2018 yang dibawa langsung dari New Delhi India, pada Rabu ini akan disatukan dengan Api Abadi dari Merapen.

Prosesi acara sendiri akan dilaksanakan di kompleks Candi Prambanan dengan dihadiri Wakil Presiden RI Jusuf Kalla. Hadir juga sejumlah perwakilan dari 45 negara peserta.

Baca Juga
Lihat juga...