Sawo Raksasa Amerika Tengah Ada di Mekarsari

Editor: Mahadeva WS

343

JAKARTA – Jika biasanya buah sawo berukuran hanya satu kepal tangan orang dewasa. Di Taman Buah Mekarsari (TBM) ternyata ada sawo raksasa. Dinamakan raksasa karena ukurannya yang besar hingga seukuran bola.

Dengan nama Mamey sapote (Pouteria Sapota), tanaman tersebut merupakan spesies tanaman dari Amerika Tengah. Tanaman yang dikenal dengan sebutan Sawo mamey merupakan salah satu koleksi tanaman langka yang dimiliki TBM. Meski termasuk tanaman langka, saat berbuah tidak mengenal musim. “Dari kecil sampai buah matang bisa memakan waktu 10 bulan, satu pohon biasanya sampai 20 buah,” kata Tajudin, Tim Marketing Komunikasi TMB, Selasa (17/7/2018).

Menurutnya, di setiap cabang ada lima bakal buah. Bakal buah tersebut dalam proses pertumbuhannya, bakal rontok dan hanya tersisa dua buah utama. Nantinya buah yang ada tersebut akan semakin membesar dan bobotnya bisa mencapai satu hingga 2,7 kilogram.

Tanaman Sawo Raksasa di Taman Buah Mekarsari – Foto Tommy Abdullah

Menariknya, buah sawo raksasa ini dikenal sebagai buah yang tak kenal musim. Sepanjang tahun selalu saja ada bakal buah yang tumbuh. “Kalau ada yang besar, bakal buah baru muncul, jadi sepanjang tahun ada. Meski memasuki musim penghujan, bakal buah sawo tidak semuanya rontok hanya beberapa saja yang rontok,” jelasnya.

Untuk bisa mendapatkan sawo yang besar maksimal, setidaknya harus menunggu selama 10 bulan. Usai dipetik-pun tidak bisa langsung dimakan harus menunggu dua hari untuk masak. “Biar rasa dan aromanya semakin kuat, harus menunggu dua hari terlebih dahulu,” tandasnya.

Rasa yang ditawarkan sawo raksasa ini hampir sama dengan sawo pada umumnya. Hanya saja sawo raksasa yang ditanam di areal Country Side Taman Buah Mekarsari tersebut cenderung tidak berair dan lebih kesat. “Selain itu rasanya manis dan ukurannya besar, jadi puas banget kalau makan,” pungkasnya.

Baca Juga
Lihat juga...