Sejumlah Desa di Klungkung Diprediksi Kekeringan Saat Kemarau

Editor: Koko Triarko

271
KLUNGKUNG – Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Klungkung,  Made Widi, mengatakan, memasuki musim kemarau ini sejumlah desa di Kabupaten Klungkung diprediksi akan mengalami kekeringan.
Menurutnya, beberapa desa terdampak tersebut seperti Desa Besan, Dusun Kanginan, Desa Gunasa dan Dusun Babo.
Guna mengantisipasi hal tersebut, BPBD Klungkung telah menyiapkan mobil tangki air bersih untuk didistribusikan kepada warga. Bantuan ini merupakan hasil kerja sama antara instansi lain, seperti PMI, PDAM dan BPBD Provinsi Bali.
“Kami siapkan setidaknya empat mobil tangki air bersih untuk warga masyarakat yang terdampak langsung. Dan, kami lakukan secara berkala dan menyeluruh bantuan tersebut,” ucap Made Widi, Rabu (4/7/2018).
Ia juga menambahkan, dampak lain dari musim kemarau adalah kebakaran lahan. Meski begitu, jumlah lahan yang berpotensi kebakaran masih sedikit. Beberapa daerah yang berpotensi mengalami kebakaran tersebut adalah kawasan Kecamatan Nusa Penida, dan Dawan.
Menurutnya, kebakaran lahan biasanya disebabkan oleh percikan api kecil yang bisa timbul karena faktor alami, maupun buatan manusia. Percikan sedikit api tersebut biasanya tersapu angin hingga meluas ke daerah lahan kosong.
“Karena itu, kami mengimbau kepada semua masyarakat untuk tidak melakukan aktivitas yang bisa menyebabkan timbulnya api, seperti membakar sampah, membuang puntung rokok sembarangan. Mari kita jaga bersama-sama lingkungan kita,” tegasnya.
Ia juga mengingatkan, bahwa saat musim kemarau, diupayakan masyarakat lebih waspada terhadap sisa dupa usai prosesi sembahyang. Karena sering ditemukan rumah maupun gedung terbakar, salah satunya akibat api dupa usai sembahyang.
Baca Juga
Lihat juga...