Sekolah di Bangka Diminta Utamakan Lingkungan Hijau

238
Ilustrasi -Dok: CDN
SUNGAILIAT – Pemerintah Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, meminta kepada para pengelola lembaga pendidikan mengutamakan lingkungan sekolah yang hijau, dengan berbagai tanaman.
“Saya minta pihak sekolah agar memperhatikan lingkungan hijau dengan menanam sejumlah pohon yang bermanfaat, baik bersifat ekonomis maupun mengandung unsur keindahan,” kata Bupati Bangka, Tarmizi Saat, di Sungailiat, Jumat (20/7/2018).
Dia menjelaskan, lingkungan hijau yang ditata dengan rapi dan indah akan memberikan suasana kesegaran udara di masing-masing lingkungan sekolah.
“Jenis tanaman di lingkungan sekolah tentunya disesuaikan dengan kondisi masing-masing, jangan sampai membuat rusak bangunan atau ancaman lainnya, seperti akar yang merusak gedung,” katanya.
Ke depan, dia menginginkan seluruh sekolah di daerah itu memiliki konsep lingkungan adiwiyata atau green school, sehingga seluruh sekolah nampak indah, hijau, rapi, serta lingkungannya sehat.
“Tanaman hijau dapat diciptakan dengan menanam tanaman di taman sekolah dengan berbagai jenis bunga,” ujarnya.
Dia juga menyarankan, agar pihak sekolah memperhatikan bangunan pagar. “Pagar bagi sekolah sangat penting, selain untuk menjaga keamanan lingkungan juga dapat memperindah lingkungan sekolah. Anak-anak sekolah tidak mudah akan keluar masuk sekolah, jika dibangun pagar keliling,” katanya.
Dia juga mengatakan, dengan lingkungan sekolah yang bersih, indah, rapi, serta aman akan menunjang proses belajar mengajar yang mendukung peningkatan kualitas pendidikan. (Ant)
Baca Juga
Lihat juga...