Selama Asian Games, TNI Fokus Amankan 3 Wilayah

Editor: Mahadeva WS

152
Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto -Dok: CDN

JAKARTA – Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menegaskan, TNI bersama Polri siap mengamankan sekaligus menyukseskan event olahraga multinasional, Asian Games 2018. Tiga lokasi yang menjadi tempat digelarnya event akan menjadi fokus pengamanan.

Asian Games 2018 akan dimulai pada 8 Agustus mendatang dan berlangsung di tiga lokasi. Selain di ibu kota Jakarta, Asian Games juga akan digelar di Jawa Barat dan Palembang, Sumatera Selatan. Menurut Panglima TNI, garansi keamanan diberikan agar penyelenggaraan Asian Games 2018 berjalan sukses. Jaminan keamanan, diberikan tidak saja kepada seluruh peserta yang datang dari luar negeri, tetapi juga masyarakat Indonesia yang menonton.

Pengamanan, tidak saja dilakukan di lokasi kegiatan, seperti Jakarta, Palembang, dan Jawa Barat. Tetapi juga di seluruh wilayah Indonesia. Hal ini karena peserta Asian Games hanya tahu, event olahraga terbesar di Asia itu digelar di Indonesia.

“Mereka tahunya Asian Games dilaksanakan di Indonesia. Sehingga pengamanan digelar di seluruh wilayah Indonesia untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Walau-pun memang yang menjadi prioritas pengamanan adalah di tiga wilayah di mana Asian Games digelar,” paparnya, Selasa (24/7/2018).

Mantan Kepala Staff Angkata Udara (Kasau) ini enggan menyebut jumlah personel yang diterjunkan untuk pengamanan selama pelaksanaan Asian Games. Ia hanya mengungkapkan, sistem pengamanan akan dilakukan secara terbuka dan tertutup. “Semua sudah kami siapkan hampir sama dengan kekuatan saat kami melakukan pengamanan pilkada serentak, karena juga mengamankan wilayah-wilayah seluruh NKRI,” terangnya.

Hadi menambahkan, kekuatan personil yang dikerahkan adalah personil yang berada di tiga kodam, yakni Kodam Jaya, Kodam II/Sriwijaya dan Kodam III/Siliwangi. “Juga ada pengamanan tertuju. Yaitu pengamanan untuk tamu negara yang sifatnya VVIP,” pungkasnya.

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.