Selasa Sore, di Sikka Baru 6 Parpol yang Daftarkan Caleg

Editor: Mahadeva WS

435

MAUMERE – Dari 16 Partai Politik (Parpol), hingga Selasa (17/7/2018) sore yang merupakan hari terakhir pendaftaran Bakal Calon Anggota Legislatif (Bacaleg), baru enam yang sudah mendaftarkan Bacalegnya ke kantor KPU Kabupaten Sikka.

Juru bicara KPU kabupaten Sikka Fery Soge. Foto : Ebed de Rosary

“Sebelumnya sudah ada 3 partai yakni Gerindra, Nasdem dan PAN yang mendaftarkan Calegnya. Selasa (17/7/2018) hari ini, sampai sore baru tiga partai lagi yang datang yakni PKS, Golkar dan Perindo,” ungkap juru bicara KPU Sikka Fery Soge, Selasa (17/7/2018).

Partai-partai  yang belum  mendaftarkan  bakal calon anggota legisltaf mereka diantaranya PDI Perjuangan, Demokrat, Hanura, PKPI, PKB, PPP, PSI, Berkarya, dan Partai Garuda. Pendaftaran Caleg di KPU Sikka dimulai 4 Juli dan berakhir 17 Juli 2018 pukul 24.00 WITA.

“Sesuai ketentuan, setiap Parpol di Sikka wajib mendafttarkan 35 orang bakal caleg dari empat Daerah Pemilihan (Dapil) sesuai alokasi kursi dari empat Dapil tersebut. Nantinya kita akan melakukan verifikasi administrasi berkas pendaftaran yang telah dimasukan,” sebutnya.

Mengenai Bacaleg yang pindah partai, Ferry menyebut,  parpol harus juga memasukan surat pengunduran diri bacaleg tersebut dari partai sebelumnya. Hal itu menjadi penting agar tidak ada keanggotaan atau kepengurusan ganda di partai politik yang berbeda yang bisa menimbulkan sengketa.

Ketua KPU Sikka Vivano Bogar berharap, parpol bisa memanfaatkan waktu pendaftaran secara maksimal hingga Selasa malam. Bila pendaftaran dilakukan jauh hari sebelumnya, sebenarnya parpol akan memiliki waktu untuk memperbaiki berkas pendaftaran. “Kalau ada hal-hal dirasa belum lengkap, kurang dan butuh perbaikan ada waktu untuk memperbaiki. Namun kami juga menyediakan waktu untuk konsultasi terlebih dahulu sebelum memasukan berkas pendaftaran calegnya,” tuturnya.

Untuk diketahui, DPRD Kabupaten Sikka memiliki 35 kursi yang terdistribusi ke empat Dapil. Keempat dapil tersebut adalah, Kecamatan  Alok, Alok Barat, Alok Timur dan Kecamatan Palue dengan alokasi 10  kursi. Dapil dua, Kecamatan Lela, Nelle, Koting, Kangae, Kewapante dan Hewokloang  (7 kursi).

Dapil  tiga meliputi Kecamatan Doreng, Mapitara, Waigete, Waiblama, Bola dan Talibura (10  kursi). Sedangkan Dapil  empat meliputi Kecamatan Magepanda, Mego, Tanawawo., Nita dan Paga  (8 kursi).

Baca Juga
Lihat juga...