Sembilan Anak di Sikka Positif Terinfeksi Rubella

Editor: Mahadeva WS

302

MAUMERE – Hingga akhir Juni 2018, ada sembilan anak di Kabupaten Sikka positif terkena virus Rubella. Hasil pemeriksaan Balai Besar Laboratorium Kesehatan Surabaya, para anak tersebut berasal dari kecamatan Mego dan Doreng.

“Sembilan anak yang positif terkena Rubella terdapat di Kecamatan Mego ada empat orang dari lima orang yang diperiksa darahnya. Di kecamatan Doreng ada lima orang positif virus Rubella dari lima orang yang diperiksa darahnya,” terang Kepala Dinas Kesehatan kabupaten Sikka dr.Maria Bernadina Sada Nenu,MPH, Jumat (20/7/2018).

Dinas Kesehatan Sikka, telah menjadwalkan untuk melakukan imunisasi masal yang akan dilaksanakan pada Agustus 2018 dengan sasaran sekolah-sekolah. Sementara di September 2018 sasaran dari imunisasi masal adalah Posyandu, Puskesmas, Pustu, Polindes dan Puskedes. “Kita berharap dengan adanya imunisasi masal, bisa mencegah penyebaran dan penularan penyakit Rubella. Penyakit ini memang hanya bisa diobati dengan melakukan vaksin,” tuturnya.

dr.Mario B. Nara,SpA, dokter spesialis anak di RS TC Hillers Maumere. Foto : Ebed de Rosary

Sementara itu, dokter anak RSUD T.C. Hillers Maumere, dr. Mario B. Nara, Sp.A. meminta, para orang tua agar mewaspadai virus Rubella. Virus tersebut dapat menyerang ibu hamil dan anak usia sembilan bulan sampai 15 tahun. “Bila menginfeksi ibu hamil dapat menyebabkan kecatatan pada anak yang dilahirkan dan pada anak usia sembilan bulan hingga 19 tahun akan menyebabkan radang Rubella,” jelasnya.

Virus Rubella yang menyerang ibu hamil dapat menyebabkan kecacatan berupa bibir sumbing, lahir dengan kelainan penglihatan, kelainan pendengaran dan kelainan jantung serta cacat lainnya. Pemberian Vaksin MR dapat mencegah dua penyakit sekaligus yaitu campak dan rubella. Tidak ada pengobatan untuk penyakit tersebut, hanya saja keduanya bisa dicegah dengan imunisasi.

Campak dan rubella adalah penyakit infeksi menular yang menyebar melalui saluran pernapasan yang disebabkan oleh virus. “Tidak ada pengobatan untuk penyakit campak dan rubella, namun penyakit ini dapat dicegah. Imunisasi dengan vaksin MR adalah pencegahan terbaik untuk penyakit campak dan rubella. Satu vaksin MR bisa mencegah dua penyakit sekaligus,” jelasnya.

Rubella beber Mario, biasanya berupa penyakit ringan pada anak. Tetapi bila menulari ibu hamil pada trimester pertama atau awal kehamilan, dapat menyebabkan keguguran atau kecacatan bayi saat dilahirkan. Kondisi tersebut biasa disebut Sindroma Rubella Kongenital yang berakibat pada kelainan jantung dan mata, tuli dan keterlambatan perkembangan.

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.