Senam SKJ Meriahkan Pesta Rakyat di Athena

351
Ilustrasi gerakan Senam Kesegaran Jasmani (SKJ) - Foto: youtube.com

LONDON — Senam Kesegaran Jasmani (SKJ) yang populer di Tanah Air pada Tahun 1990-an, baik di sekolah maupun kantor-kantor, meriahkan Pesta Rakyat di Athena, Yunani.

Pelaksana Fungsi Pensosbud KBRI Athena, Kristina Natalia, menyebutkan bagi generasi yang lahir sebelum tahun 80-an, bisanya mengenal istilah SKJ, yang biasanya dilaksanakan setiap Jumat.

Senam dengan iringan musik yang legendaris di masanya diperdengarkan dalam Pesta Rakyat yang dirancang khusus untuk masyarakat Indonesia yang tinggal di Yunani.

Pesta Rakyat kali ini adalah kegiatan olahraga bersama masyarakat Indonesia yang merupakan bagian dari rangkaian peringatan HUT Kemerdekaan ke-73 RI. Animo masyarakat terlihat dari tingginya jumlah peserta yang hadir, yakni 380 orang ikut memeriahkan dan mengikuti berbagai pertandingan. Peminat terbanyak adalah pertandingan futsal, hingga panitia hanya membatasi 8 tim karena waktu yang tidak memungkinkan.

“Dengan ikut pertandingan futsal, kami turut merasakan gegap gempita piala dunia sampai di Athena, selain memperingati Kemerdekaan RI tentunya,” ujar Ady Putra, masyarakat Indonesia yang juga Ketua Ikatan Kerukunan Keluarga Indonesia di Yunani, Rabu (11/7/2018).

Kristina Natalia menjelaskan Pesta Rakyat dirancang atas inisiatif KBRI Athena karena antusiasme masyarakat yang tinggi akan kegiatan olahraga ditambah adanya demam Piala Dunia 2018. Kegiatan itu sekaligus menjadi momen untuk meningkatkan rasa kebersamaan dan nasionalisme di antara masyarakat Indonesia.

Dia menjelaskan Pesta Rakyat menjadi bagian dari rangkaian kegiatan peringatan HUT Kemerdekaan RI dengan puncak peringatan yakni upacara penarikan Bendera pada tanggal 17 Agustus 2018 di wisma Duta.

Pesta Rakyat diisi dengan berbagai perlombaan seperti futsal, bola voli, badminton, tarik tambang, balap karung, gaple serta permainan anak-anak, seperti dart, balap kelereng dan balap ekor kuda. Selain ikut pertandingan, peserta dan pengunjung dapat menikmati kuliner Indonesia yang jarang ditemui di restoran di Yunani.

Menu bazaar yang bervariasi, seperti pecel, sate madura, bakso, tempe, cendol, es dawet dan sebagainya menjadi pelipur lara akan kerinduan masyarakat Indonesia akan kampung halaman yang jauh.

Kick-off pukulan badminton perdana dari Ferry Adamhar, Duta Besar RI di Yunani menjadi penanda dibukanya kegiatan Pesta Rakyat. “Kegiatan ini menjadi ajang menumbuhkan rasa persaudaraan, kekompakan dan kerukunan antarsesama anak bangsa, khususnya bagi anak perantuan sebagai satu keluarga, keluarga Indonesia,” kata Adamhar saat memberi sambutan pembukaan. (Ant)

Baca Juga
Lihat juga...