Sensasi Air Terjun Semporonan Lombok

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

154

LOMBOK — Kawasan Rinjani tidak saja dikenal karena keindahan alamnya, tapi juga objek wisata air dengan pesona luar biasa. Ada banyak air terjun yang mengalir di kawasan kaki gunung tersebut.

Salah satu yang masuk dalam kawasan Rinjani adalah air terjun Semporonan yang terletak di Desa Timbanuh, Kecamatan Peringgasela, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.

Seperti air terjun lain yang terdapat di kawasan kaki Rinjani, keindahan Semporonan juga tidak kalah. Dengan kesejukan air dan pemandangan alam yang masih hijau dan alami.

“Alam sekitar air terjun sangat indah, masih banyak terdapat pepohonan rindang, tidak akan bosan rasanya walaupun berlama-lama di sini,” kata Murdianto, warga asal Kota Mataram, Minggu (22/7/2018).

Dikatakan, kondisi alam yang masih alami dikelilingi pepohonan di kawasan hutan masih rindang membuat air terjun terasa sangat dingin saat mandi. Tidak banyak pengunjung maupun wisatawan yang bertahan lama saat mandi di bawah guyuran air terjun Semporonan.

Meski demikian deras dan dinginnya guyuran air terjun tersebut memberikan sensasi tersendiri setelah lelah menempuh perjalanan panjang mencapai lokasi.

“Selain menikmati keindahan air terjun dan pemandangan kawasan hutan sekitar, tidak sedikit di antara wisatawan mengabadikannya dengan mengambil foto,” sebutnya.

Rina, pengunjung lain mengatakan, Sekilas Air Terjun Semporonan Lombok Timur mirip seperti Air Terjun Sendang Gile, Kabupaten Lombok Utara. Namun dengan tinggi yang berbeda yakni 40 meter. Deras dan dinginnya air terjun tersebut menambah sensasi. Apalagi suasananya juga sangat tenang, sehingga wisatawan benar-benar dimanjakan dengan keindahan dan suasana alami.

“Saya berharap air terjun Semporonan bisa menjadi salah satu destinasi wisata sebagaimana objek wisata air terjun lain yang keindahan kealamiannya bisa tetap terjaga,” katanya.

Untuk menuju ke air terjun Semporonan, wisatawan membutuhkan waktu 20 sampai 30 menit dari Kota Selong Lombok Timur. Terletak di Desa Timbanuh kecamatan Pringgasela, air terjun ini berada di desa paling utara di kawasan Pringgasela. Meski demikian akses jalan menuju tempat ini, terbilang cukup baik.

Sepanjang perjalanan menuju lokasi air terjun, tepatnya di pintu masuk air terjun Semporonan yang terletak sekitar 200 meter setelah gerbang Timwisatawan juga akan disambut oleh hamparan kebun kopi.

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.