Sepekan Dibuka, Belum Ada Bacaleg Mendaftar di KPU Sikka

Editor: Koko Triarko

389
MAUMERE – Sejak pembukaan pendaftaran Bakal Calon Anggota Legislatif (Bacaleg) pada 4 Juli 2018, hingga hari keenam belum ada satu partai politik pun yang mendaftar di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Sikka.
“Memang ada partai Perindo yang mengatakan akan mendaftar hari ini jam 9 pagi, tapi hingga sekarang belum memasukkan berkas pendaftaran Bacalegnya. Kami menyiapkan sebuah meja pendaftaran di depan pintu masuk gedung KPU Sikka untuk menerima berkas yang diajukan,” sebut Fery Soge, Juru Bicara KPU Kabupaten Sikka, Senin (9/7/2018).
Fery menyarankan, 16 Parpol yang ada di Sikka  supaya memanfaatkan waktu pendaftaran yang berlangsung hingga 17 Juli 2018, serta melengkapi semua persyaratan yang ditentukan.
Menurutnya, terdapat empat daerah pemilihan (Dapil), dengan rincian, Dapil 1 memiliki 10 kursi, Dapil 2 sebanyak 7 kursi, Dapil 3 berjumlah 10 kursi serta Dapil 4 sebanyak 8 kursi.
“Salah satu ketentuan pasal 6 ayat 1 huruf b PKPU Nomor 20 tahun 2018 menyatakan, jumlah bakal calon paling banyak 100 persen dari jumlah kursi yang ditetapkan pada setiap daerah pemilihan (Dapil). Huruf c ketentuan ini mensyaratkan daftar bakal calon disusun wajib memuat keterwakilan perempuan paling sedikit 30 persen di setiap daerah pemilihannya,” ungkapnya.
Sementara itu, Pega Paulus, SE., Ketua DPD Partai Berkarya, Kabupaten Sikka, menyebutkan, dari empat Dapil tersebut partainya masih melengkapi kuota perempuan di dua Dapil yang masih kekurangan satu-dua calon, dan bila sudah lengkap, dalam satu dua hari ke depan mulai memasukkan berkas ke KPU Sikka.
“Sampai sore nanti, kami sudah akan melakukan upload semua berkas pendaftaran ke Sistem Informasi Pencalonan (Silon) KPU. Sejauh ini, banyak masyarakat yang berlomba-lomba mendaftarkan diri maju menjadi Caleg dari partai kami,” sebutnya.
Partai Berkarya, kata Pega, akan memasukkan daftar Bacaleg sesuai dengan jumlah kursi yang diperebutkan di DPRD Sikka, DPRD I NTT dan DPR Pusat. Semua Bacaleg sudah mengurus berbagai persyaratan yang dibutuhkan dan sedang diteliti.
“Dari kuota kursi DPRD Sikka sebanyak 35 kursi di 4 Dapil, Partai Berkarya akan memasukkan jumlah caleg sesuai alokasi kursi per-Dapil, dan kami yakin bisa memenuhi jumlah 100 persen dari kuota kursi,” ungkapnya.
Pega berharap, agar Bacaleg yang diusung Partai Berkarya tersebut bisa bekerja dengan baik, dengan melakukan berbagai karya untuk kepentingan masyarakat, sehingga mereka bisa dipercaya dan dipilih menjadi wakil rakyat, baik di Kabupaten Sikka maupun Provinsi NTT.
“Kami yakin, orang-orang yang kami usung menjadi Calon Anggota Legislatif ini dipercaya masyarakat, sehingga bisa dipilih dan memperjuangkan kepentingan masyarakat. Caleg Partai Berkarya tentunya siap bersaing dengan caleg dari 15 partai lainnya, sebab memiliki kualitas dan kemampuan,” tuturnya.
Baca Juga
Lihat juga...