Sideka untuk Sosialisasi Potensi Desa

Editor: Mahadeva WS

275

MAUMERE – Sistem Informasi Desa dan Kawasan (Sideka)  menjadi media penting untuk mempromosikan potensi yang dimiliki desa. Hal tersebut mendorong Pemkab Sikka melakukan Bimbingan Teknis (Bimtek) Sideka kepada Kepada Desa.

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Sikka Chrispinus Angelo Gagi. Foto : Ebed de Rosary

Ada 30 dari 147 kepala desa di Sikka mengikuti bimtek Sideka yang diselenggarakan sejak 4-6 Juli 2018. “Melalui Sideka kita bisa mempromosikan dan menyampaikan informasi dengan baik dan benar untuk diketahui banyak pihak, dengan harapan mendapat perhatian dan dukungan untuk pembangunan desa,” sebut kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Sikka, Chrispinus Angelo, Rabu (4/7/2018).

Sideka membantu Dinas Kominfo menjalankan publikasi, promosi dan informasi kondisi kawasan yang ada di desa. Untuk memaksimalkannya, operator di desa harus secara aktif melakukan penginputan data Sideka secara berkala. Informasi yang terhitumpun di Sideka akan terbaca dan diikuti oleh banyak pihak termasuk kementerian di Jakarta.

Kepala Bidang PTIK Dinas Kominfo Kabupaten Sikka Yeni Daniel menjelaskan, bimtek yang digelar peruntuk 30 desa dari 147 desa yang ada di Sikka merupakan tahap pertama. Yang mendapatkan kesempatan adalah desa yang telah memiliki domain laman desa resmi.

“Kegiatan Bimtek Sideka dilakukan mengingat pentingnya ketersediaan data yang akurat tentang potensi desa dan aset yang dimiliki. Dengan demikian desa bisa melakukan berbagai perencanaan secara terukur dan kabupaten juga memiliki data yang jelas tentang segala potensi dan lainnya terkait desa,” terangnya.

Lihat juga...

Isi komentar yuk