Sikapi Banjir, Pemkot Balikapapan Gencarkan Gerakan Bersih Saluran Air

Editor: Satmoko Budi Santoso

117
Kepala Bidang SDA dan Pengairan Dinas Pekerjaan Umum Kota Balikpapan Rita - Foto Ferry Caahyanti

BALIKPAPAN – Menyikapi persoalan banjir yang tak kunjung tuntas, Pemerintah Kota Balikpapan menggerakkan program Bersih-Bersih Saluran air (Gaban) di sejumlah kecamatan. Hal itu dilakukan salah satu program jangka pendek dalam menyikapi penanganan banjir di sejumlah titik.

Pasalnya, sebelumnya Pemerintah Kota juga telah memanggil tim ahli dari Belanda untuk menanggulangi persoalan banjir. Tak sampai disitu Gerakan Bersih-bersih saluran juga mulai digalakkan yang diawali dengan sosialisasi ke sejumlah kecamatan.

“Program gaban itu disinkronkan dengan kegiatan di kecamatan untuk mengajak partisipasi dalam memeilihara lingkungannya masing-masing khususnya saluran air, agar masing-masing saluran tidak menghalangi jalannya aliran air,” kata Kabid SDA & Pengairan Dinas Pekerjaan Umum Kota Balikpapan Rita, Jumat (27/7/2018).

Rita menjelaskan, sosialisasi diawali pada Kelurahan Sepinggan Kecamatan Balikpapan Selatan. Dalam sosialisasi yang dilakukan pemutaran film terkait dampak yang terjadi jika tidak memelihara lingkungan.

“Ada video edukasi jadi kita menampilkan video selama 5-10 menit terkait dengan lingkungan tidak dibersihkan, dampaknya akan terjadi terhadap masyarakat itu sendiri,” tandas Rita kepada media.

Menurutnya, sosialisasi akan terus berlanjut ke Kecamatan Balikpapan Utara dan rencananya enam kecamatan akan secara bergantian dilakukan sosialisasi. Sehingga masyarakat memahami untuk menjaga kebersihan utamanya sampah, jangan sampai menyumbat saluran air di drainase.

“Jadi kalau road show sudah ke enam kecamatan, road show di masing-masing kelurahan diulang. Rutinitas harus dilakukan untuk mengingatkan masyarakat tetap menjaga kebersihan,” imbuhnya.

Rita menambahkan Gaban mendapat dukungan dari seluruh stake holder dan rencananya, pada Minggu nanti (29/7/2018) akan digelar Launching Gaban di Taman Lalu Lintas, kecamatan Balikpapan Selatan.

“Sosialisasi akan diimplementasikan dengan launching gerakan bersih saluran. Hari Minggu akan kita lakukan kemudian berkumpul di taman lalu lintas. Kita akan bersihkan di belakang Polsek secara bersama-sama,” sebut Rita.

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.