SIPPP Mudahkan Proses Pendaftaran Balon DPD

Editor: Koko Triarko

313
PADANG –  Komisi Pemilihan Umum (KPU), menerapkan sistem baru bagi pendaftar bakal calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, yakni aplikasi sistem informasi perseorangan peserta pemilu (SIPPP), yang dinilai lebih memudahkan pendaftar.
Bakal calon anggota DPD RI, asal Sumatera Barat, Alirman Sori, mengatakan dengan adanya sistem SIPPP itu sangat membantu dalam hal administrasi. Karena, syarat utama bagi balon anggota DPD RI untuk mendaftar ke KPU ialah menyerahkan dukungan dengan bukti KTP elektronik.
“Sekarang lebih bagus. Tapi, juga tidak bisa dipungkiri juga kalau terkadang ada gangguan jaringan, sehingga sempat menyulitkan untuk mengakses aplikasi SIPP itu,” katanya, saat menyerahkan berkas pendaftaran dirinya sebagai balon anggota DPD RI ke KPU Sumatera Barat, Selasa (10/7/2018).
Ia mengaku tidak mengalami kendala berarti dalam proses pendaftaran. Semua berjalan lancar.
Terkait jumlah dukungan melalui KTP, Alirman Sori menyatakan, berdasarkan aturan mengenai jumlah penduduk dan persyaratan dukungan, untuk calon anggota DPD RI di Sumatera Barat harus menyerahkan sedikitnya 2.000 dukungan KTP.
Untuk itu, dalam hal melakukan proses pendaftaran menjadi balon anggota DPD RI, tokoh muda yang merupakan mantan anggota DPR RI 2009-2014 itu, mengaku, sangat berbeda sekali proses atau alur pendaftaran ke KPU, dibandingkan dulu dan sekarang.
“Tahun lalu, saya juga ikut mendaftar, tapi yang sekarang sangat memudahkan. Memang hal seperti ini yang kita harapkan,” sebutnya.
Ia mengaku, niatnya untuk kembali mendaftar ke KPU pada pemilu 2019 mendatang, karena ia menilai daerah di Sumatera Barat perlu adanya penguatan. Misalnya, pemekaran daerah, yang dinilai perlu ada.
Menurutnya, jika jarak suatu daerah dengan masyarakatnya jauh, maka bisa terjadi perlambatan pembangunan suatu daerah. Untuk itu, perlu ada upaya mempersingkat jarak, antara masyarakat dengan layanan pemerintah.
Sementara itu, Ketua KPU Sumatera Barat, Amnasmen, menjelaskan untuk aturan regulasi syarat dan jumlah dukungan tidak banyak yang berbeda. Tapi, berbeda itu hanya lewat online dan KTP-El.
Menurutnya, melalui aplikasi SIPP tersebut tidak hanya turut memudahkan bagi pendaftar. Tetapi, juga dapat memudahkan kerja KPU dalam memverifikasi dukungan.
Misalnya, hal yang dilakukan dalam sistem SIPP itu bisa mendeteksi dukungan ganda. Untuk itu, aplikasi SIPPP tersebut, bagi balon DPD dapat melakukan registrasi pendaftaran dan meng-upload dukungan KTP-El, serta dapat melakukan penelitian data dukungan, penelitian DP4 dan DPT.
Baca Juga
Lihat juga...