Siswa SMATER Promosikan Pariwisata Sikka di Amerika

Editor: Mahadeva WS

171

MAUMERE – Siswa SMAK Frateran Maumere (SMATER) Maumere, Marcelino Loeis Ferrary Yappi, akan mempromosikan pariwisata Kabupaten Sikka dan NTT di negeri Paman Sam.

Marcelino Loeis Ferrary Yappi siswa SMAK Frateran Maumere (SMATER) yang mengikuti pertukaran pelajar selama setahun di Amerika Serikat. Foto : Ebed de Rosary

Hal itu dilakukan selama mengikuti program pertukaran pelajar yang akan berlangsung setahun. “Sama seperti siswa SMATER lainnya yang telah lebih dahulu menjalani pertukaran pelajar ke Amerika Serikat dan beberapa negara lainnya, mereka akan mempromosikan pariwisata dan adat budaya daerah mereka dalam hal ini Kabupaten Sikka dan NTT,” sebut Kepala Sekolah SMAK Frateran Maumere, Frater M. Polikarpus, BHK,SE,M.Pd, Jumat (20/7/2018).

Kehadiran Luis, bukan semata hanya menjalani program pertukaran pelajar bersama 80-an lebih peserta lainnya dari Indonesia. Misi lain yang dibawa adalah mempromosikan pariwisata dan kebudayaan Kabupaten Sikka di Amerika Serikat. “Dia sudah siap dengan tarian Hegong, main alat musik Sasando dan tarian Gemu Famire. Kita harapkan Luis melakukan yang terbaik bagi SMATER, Kabupaten Sikka, Provinsi NTT dan Indonesia,” sebutnya.

Luis telah menjalani seleksi ketat dan melelahkan hingga akhirnya lolos dan bisa berangkat ke Amerika. Sudah beberapa tahun terakhir, siswa-siswi SMATER selalu lolos program pertukaran pelajar ke Amerika. Mereka juga selalu mempromosikan pariwisata, adat dan budaya Sikka dan NTT dalam acara di negara tersebut.

Sekretaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Sikka Petrus Polling mengatakan, pihaknya menitipkan beberapa foto dan video mengenai destinasi pariwisata serta adat dan budaya Kabupaten Sikka kepada Luis. Kedua sarana tersebut untuk membantu proses penyebarluasan informasi mengenai Sikka dan NTT di negara adidaya tersebut.

“Kami menitipkan beberapa foto dan video terakit dengan pariwisata Kabupaten Sikka kepadanya untuk bisa disebarluaskan di sana. Kami berharap dengan hadirnya para pelajar ini di luar negeri akan memberikan manfaat bagi pariwisata kabupaten Sikka,” harapnya.

Marcelino Loeis Ferrary Yappi mengaku bersyukur bisa mendapatkan beasiswa selama setahun ke Amerika. Hal tersebut akan dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk menimba ilmu serta hal-hal positif yang bisa dipetik. “Tentunya saya juga berkewajiban untuk mempromosikan daerah dan negara kita di luar negeri sehingga dunia luar bisa mengenal lebih jauh tentang Indonesia khususnya tentang tempat-tempat wisata serta adat dan budaya kita,” sebutnya.

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.