SKCK On The Road, Inovasi Layanan Polres OKU

155

BATURAJA — Polres Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan membuka layanan pembuatan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) on the road bagi masyarakat di wilayah itu sehingga tidak harus datang ke kantor polisi untuk membuat dokumen tersebut.

“Program SKCK di jalan ini bertujuan untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat OKU,” kata Kapolres Ogan Komering Ulu (OKU), AKBP NK Widayana Sulandari melalui Kasat Intelkam, AKP Hendro saat pelaksanaan giat SKCK on the road di Komplek UPTD Pertanian Kecamatan Semidang Aji, Senin (30/7/2018).

Menurut dia, kegiatan itu dilaksanakan guna mewujudkan zona integritas Polres OKU dengan terjun ke lapangan untuk melayani masyarakat yang ingin membuat dokumen SKCK atau sering disebut surat kelakukan baik tersebut.

“Giat SKCK on the road ini rencananya akan kami gelar dua kali dalam sepekan, nanti untuk jadwal tempat dan waktunya akan kami informasikan kepada masyarakat,” katanya.

Dia mengemukakan, pelayanan tersebut akan mem-backup pembuatan SKCK di seluruh Polsek yang ada di wilayah hukum Polres OKU, untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat serta mewujudkan zona integritas jajaran kepolisian resor setempat.

Dia menjelasakan, zona Integritas adalah program prioritas kapolri dilaksanakan di lingkungan Polri berupa pemberian predikat kepada anggota polisi yang mempunyai komitmen untuk mewujudkan Wilayah Bebas Korupsi (WBK).

“Kemudian untuk mewujudkan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) melalui reformasi birokrasi khususnya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik mulai dari kapolri dan jajarannya,” tegasnya.

Selain surat kelakuan baik, lanjut dia, dalam kegiatan SKCK on the road tersebut juga membuka pelayanan perumusan sidik jari untuk mendukung penerbitan SKCK.

“Perumusan sidik jadi akan diawaki oleh Unit Identifikasi Sat Reskrim Polres OKU,” kata dia .

Pantauan di lapangan, selama kegiatan SKCK on the road berlangsung di UPTD Pertanian Semidang Aji Desa Raksa Jiwa terlihat beberapa warga mengantri memanfaatkan pelayanan tersebut.

Menurut Yoga Sumarsan, salah satu warga setempat yang memanfaatkan pelayanan SKCK on the road tersebut secara terpisah mengaku sangat terbantu karena tidak harus datang ke Polres OKU yang berjarak jauh untuk membuat SKCK.

“Selain itu proses penerbitan SKCK juga sangat cepat tidak sampai satu jam sudah jadi. Yang terpenting kegiatan seperti ini bisa lebih mendekatkan polisi dengan masyarakat dan kami lebih mengerti prosedur pembuatan SKCK ini,” ujarnya. (Ant)

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.