SMKN 2 Kalianda Siapkan Film Pendek untuk Ajang FLS2N

Editor: Koko Triarko

277
LAMPUNG – Sekolah Menengah Kejuruan (SMKN) 2 Kalianda Lampung Selatan, terus melakukan persiapan pembuatan film pendek bidang produksi dan multimedia (film).
Film pendek dalam bidang produksi dan multimedia menjadi bagian dari sembilan tangkai lomba yang akan diperlombakan pada ajang Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) provinsi Lampung tingkat SMK-SMA.
Vivi Marthalia, Guru Pembimbing bidang studi Seni dan Budaya SMKN 2 Kalianda bersama penari tupping untuk film pendek ajang FLS2N [Foto: Henk Widi]
Vivi Marthalia, guru pembimbing bidang studi Seni dan Budaya SMKN 2 Kalianda, menyebut, ada dua tangkai lomba yang diikuti, di antaranya film pendek dan gitar solo klasik.
Pengambilan gambar untuk film pendek dilakukan oleh siswa SMKN 2 Kalianda di sejumlah tempat, di antaranya objek wisata air terjun Cijuwet, Desa Cugung, Kecamatan Rajabasa, area sekolah SMKN 2 Kalianda dan objek wisata Menara Siger Bakauheni.
Vivi Marthalia menyebut, persiapan tari tupping bukan untuk mewakil SMKN 2 Kalianda dalam tari tradisional, tetapi untuk diambil gambar dalam pembuatan film pendek yang dibuat di SMKN 2 Kalianda dalam bidang produksi dan multimedia (film) dan sgitar solo klasik.
Informasi ini sekaligus meluruskan berita sebelumnya: https://www.cendananews.com/2018/07/hadapi-fls2n-smkn-2-andalkan-tari-tradisional-tupping.html yang terkesan SMKN 2 Kalianda maju dalam FLS2N untuk tangkai lomba tari tradisional.
“Jadi, untuk mewakili tari tradisional dalam ajang FLS2N  akan diwakili SMK lain, sementara kita hanya mewakili dua tangkai lomba, di antaranya film pendek dan gitar solo klasik pada FLS2N tahun ini, agar tidak timbul miskomunikasi,” terang Vivi Marthalia guru pembimbing bidang studi Seni dan Budaya SMKN 2 Kalianda, saat dikonfirmasi Cendana News, Jumat (6/7/2018).
Film pendek dan gitar solo klasik, Vivi Marthalia, persiapannya dilakukan secara matang. Khusus untuk gitar solo klasik, bekal peringkat kelima pada FLS2N di kota Kupang Provinsi, Nusa Tenggara Timur, pada September 2017 yang diikuti 34 provinsi di Indonesia. Prestasi membanggakan sebagai juara kelima gitar klasik nasional tersebut diwakili siswa SMKN 2 Kalianda bernama Roby Alin Sukma.
Vivi Marthalia menambahkan, persiapan untuk film pendek pada bidang produksi dan multimedia tersebut dilakukan untuk ajang FLS2N di Bandarlampung, pada 10-13 Juli 2018. Sembilan tangkai lomba yang akan diperlombakan pada ajang FLS2N provinsi Lampung, di antaranya tari tradisional, teater, musik daerah, vocal grup, menyanyi solo, gitar klasik, film pendek, cipta dan baca puisi, tulis dan baca cerpen.
Mmenurut Vivi Marthalia, film pendek untuk diikutkan dalam ajang FLS2N yang dibuat oleh SMKN 2 Kalianda mengambil tema “Memajukan Pendidikan Mewujudkan Kebudayaan”.
Di dalamnya, diangkat beberapa kesenian tradisional yang ada di Lampung Selatan, dan tari tupping, hanya salah satu kesenian yang ditampilkan, karena ada fokus dan kegiatan beberapa kesenian lain dalam satu kesatuan tema film pendek.
Sementara itu, lokasi pengambilan gambar berbeda juga sekaligus kegiatan kesenian lain, karena kesatuan dalam tema film. Pengambilan gambar menggunakan kamera digital Single Lens Reflex (DSLR), kamera drone.
Pembuatan film pendek melibatkan beberapa siswa yang ikut dalam sanggar Sai Betik, sementara untuk gitar solo klasik SMKN 2 Kalianda akan mengirimkan Roby Alin Sukma.
Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.