Suap PLTU Riau-1, Idrus Marham Diperiksa KPK

Editor: Mahadeva WS

226
Menteri Sosial Idrus Marham saat tiba di Gedung KPK Jakarta – foto Eko Sulestyono

JAKARTA — Menteri Sosial (Mensos) Idrus Marham diperiksa penyidik KPK sebagai saksi dugaan tindak pidana korupsi suap atau gratifikasi pembangunan PLTU Riau 1, Kamis (19/7/2018).

Idrus Marham menyebut, Dirinya diperiksa dalam kapasitas sebagai saksi untuk tersangka Johannes Budisutrisno Kotjo dan Wakil Komisi VII DPR non aktif Eni Maulani Saragih. Kedua orang tersebut kini telah ditahan di Rumah Tahanan (Rutan) Cabang KPK Jakarta dalam kasus tersebut.

“Kalau lihat berdasarkan undangan penyidik KPK, saya kemungkinan akan diperiksa sebagai saksi untuk dua orang tersangka sekaligus. Namun hingga saat ini saya belum tahu apa saja materi yang akan ditanyakan penyidik sehingga untuk saat ini belum bisa memberikan keterangan,” tandas Idrus Marham saat tiba di Gedung KPK, Kamis (19/7/2018).

Kabiro Humas KPK Febri Diansyah mengatakan, Idrus Marham dipanggil dalam kapasitas sebagai saksi. Ini merupakan pemeriksaan pertama yang dikakukan penyidik KPK terhadap Idrus Marham. Sebelumnya petugas KPK menggelar Operasi Tangkap Tangan (OTT) di Rumah Dinas Mensos Idrus Marham, di Widya Chandra, Gatot Subroto, Jakarta Selatan.

Dalam kasus tersebut diduga Eni Maulani Saragih menerima uang suap atau gratifikasi sebesar Rp4,5 miliar. Uang tersebut merupakan pemberian Johannes. KPK meyakini Johannes merupakan pemegang saham mayoritas Blackgold Natural Resources Limited.

Baca Juga
Lihat juga...