Sumbar Tuan Rumah MTQ Nasional 2020

Editor: Mahadeva WS

372

PADANG – Sumatera Barat (Sumbar) kembali terpilih menjadi tuan rumah penyelenggaran Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional. Sebelumnya Sumbar menjadi tuan rumah pada 35 tahun lalu.

MTQ nasional di Sumbar akan digelar pada 2020 mendatang. “Lokasinya belum dibahas dimana nantinya di Sumatera Barat, yang jelas di gelar di Kota Padang,” ujar Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit usai menggelar pertemuan dengan Menteri Agama Lukman Hakim Syaifuddin di Padang, Rabu (4/7/2018).

Nasrul menyebut, terpilihnya Sumbar kembali menjadi tuan rumah MTQ, menjadi pengobat kerinduan yang sudah lama dinanti-nantikan masyarakat Sumbar. Kerinduan untuk mensiarkan lantunan ayat-ayat suci Alquran. Sumbar pernah menjadi tuan rumah MTQ Nasional pada 1983, kala itu MTQ Nasional digelar di GOR H Agus Salim Padang.

Kenangan penyelenggaraan tersebutlah yang membuat masyarakat Sumbar rindu untuk kembali menyebarkan semangat membaca Alquran. Kembali membangun trend membaca Alquran sebagai sebuah kebiasan yang Islami di Sumatera Barat.

Nasrul menyebut, semangat menjadi tuan rumah MTQ Nasional, sesuai filosofi masyarakat Minangkabau, yakni Adat Basandi Sarak, Sarak Basandi Kitabullah (ABS-SBK). “ABS-SBK memiliki kaitan yang erat dengan ajaran Islam dan itu terdapat dalam Alquran. Jadi, apabila Sumatera Barat jadi tuan rumah, suatu kebanggan bagi masyarakat di Minangkabau,” sebutnya.

Penyelenggaraan MTQ Nasional, bisa kembali membangkitkan nuansa Islami serta syiar Islam di ranah Minang. Hal itu bisa menjadikan pemuda pemudi di Sumbar semakin berpegang teguh ke agama Islam, melalui membaca Alquran. Rencana Sumbar menjadi tuan rumah MTQ Nasional di 2020 mendatang, mendorong berbagai pihak untuk segera menyiapkan segala sesuatu yang terbaik untuk penyelenggaraannya.

Hal tersebut, perlu dilakukan agar MTQ Nasional dapat menjadi penyemangat masyarakat Sumbar untuk memajukan daerahnya di berbagai sektor. Terutama bidang keagamaan, budaya, dan pendidikan. “Seperti hal yang telah dilakukan dengan program Magrib mengaji. Hal tersebut menjadi budaya untuk menumbuhkan kepribadian, karakter diri setiap anak negeri. Makanya kita berharap betul MTQ Nasional dapat diselenggarakan di Sumatera Barat,” pungkasnya.

Baca Juga
Lihat juga...