banner lebaran

Tabur Puja-Baznas Bantu Warga Kembangkan Usaha

Editor: Koko Triarko

183
PADANG – Tabungan dan Kredit Pundi Sejahtera (Tabur Puja) Kota Padang, bekerja sama dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Sumatera Barat, membagikan kupon belanja anggota Posdaya yang membuka usaha.
Manajer Tabur Puja Padang, Indra, menjelaskan, kerja sama Tabur Puja dengan Baznas sudah berlangsung sejak 2016. Bentuk kerja samanya bukan dalam bentuk uang, tapi dalam bentuk kupon dengan memiliki nilai sesuai kebutuhan anggota, yang bisa dibelanjakan ke  Sentra Kulakan Posdaya (Senkudaya) yang ada di Kota Padang.
“Jadi, nilai kuponnya itu sesuai dengan kebutuhan usaha anggota Posdaya, mulai dari Rp1 juta hingga paling tinggi Rp3 juta per orang anggota. Mereka yang mendapatkan kupon dari Baznas itu berdasarkan rekomendasi dari Tabur Puja, dan ditindaklanjuti oleh Baznas dengan cara melakukan survey ke usaha para anggota Posdaya,” jelasnya, Jumat (13/7/2018).
Marni, anggota Posdaya di Padang, memperlihatkan kupon bantuan yang diperolehnya dari Baznas senilai Rp1,5 juta/Foto: M. Noli Hendra
Menurutnya, cara itu dilakukan untuk turut membantu anggota Posdaya yang selama ini sangat mengharapkan adanya pemasukan tambahan untuk pengembangan usaha yang dijalaninya. Kalau di Tabur Puja, pinjaman modal usaha yang bisa diberikan tidak terlalu besar, yakni Rp2 juta untuk peminjaman awal, dan bisa dinaikkan ke jumlah yang lebih, yakni Rp5 juta, itu pun dengan syarat tertentu.
Begitu juga di Senkudaya, di sana segala kebutuhan tersedia, kecuali pakaian pribadi. Melalui kupon yang diberikan itu, para anggota Posdaya bisa membelanjakannya di Senkudaya, dan menghabiskan seluruh nilai rupiah yang ada di kupon itu, untuk keperluan usahanya.
“Bagi yang menjalani usaha gorengan, bisa beli kebutuhan seperti minyak goreng, tepung, telur, dan yang lainnya. Sedangkan yang buka usaha warung kelontong bisa membeli sejumlah kebutuhan dapur dan rumah tangga,” katanya.
Terkait jumlah yang begitu besar, kepada anggota Posdaya tidak harus membelanjakannya dan menghabiskan uang senilai yang ada di kupon. Bisa saja untuk hari ini dibelanjakan Rp500 ribu, dan satu minggu lagi bisa dibelanjakan lagi Rp500 ribu.
Untuk itu, adanya kerja sama Tabur Puja dengan Baznas melalui programnya membantu usaha rakyat yang tergolong kurang mampu, Tabur Puja sangat mengharapkan pertumbuhan dan perkembangan usaha rakyat dengan baik.
Manajer Tabur Puja Padang, Indra saat bercengkrama dengan masyarakat/Foto: M. Noli Hendra
Ia menjelaskan, untuk membagikan kupon itu dilakukan langsung oleh Baznas berdasarkan daftar yang telah direkomendasikan oleh Tabur Puja. Nama-nama itu pun berdasarkan anggota yang mengikuti pelatihan bersama Tabur Puja. Sebelum bantuan diberikan, mereka telah dilatih terlebih dahulu, terkait cara mengembangkan usaha.
“Bantuan itu diberikan bertahap, setiap tahap ada sekira 20-60 orang yang tergabung dari berbagai Posdaya. Dalam setahun, kupon dibagikan bisa dalam periode tiga bulan sekali. Alasan bertahap, supaya transaksi jual beli di Senkudaya tidak menumpuk dan kekurang stok, sebab ada 2.000 lebih anggota Posdaya yang mendapatkan kupon belanja itu,” ungkapnya.
Selain itu, Indra mengatakan, kerja sama itu juga turut mengajak anggota Posdaya untuk berbelanja ke Senkudaya, yang seharusnya tempat bagi anggota Posdaya untuk berbelanja kebutuhan usaha yang dijalani.
Selema ini, anggota Posdaya yang bisa menfaatkan Senkudaya baru anggota yang tinggal di Senkudaya, yang kini berada di jalan Ampang Alai Padang.
Salah seorang anggota Posdaya di Padang, Marni, mengaku sangat senang dan terbantu dengan adanya kupon yang diberikan oleh Baznas tersebut. Baginya, dengan menjadi bagian dari Tabur Puja atau pun Posdaya, tidak hanya telah membantunya dapat mengembangkan usahanya, tetapi juga turut membantunya melalui lembaga lain yang bekerja sama dengan Tabur Puja.
“Saya sudah cukup lama menjadi anggota Posdaya di Padang ini. Selama ini saya juga telah mendapatkan pinjaman modal usaha dari Tabur Puja. Jadi, dengan adanya bantuan dari Baznas atas dasar rekomendasi Tabur Puja, membuat orang kecil seperti saya jadi benar-benar terbantu,” ujarnya.
Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.