Tabur Puja Segera Hadir di ‘Kota Serambi Mekkah’

Editor: Koko Triarko

515
Supervisi Project Managing Unit (PMU) Tabur Puja Wilayah V Sumatera, Edi Suandi/Foto: M. Noli Hendra 
PADANG – Kota berjuluk Serambi Mekah, Kota Padang Panjang, merupakan salah satu kota bersuhu dingin di Sumatera Barat, menjadi kawasan dikembangkannya program Tabungan dan Kredit Pundi Sejahtera (Tabur Puja).
Supervisi Project Managing Unit (PMU) Tabur Puja Wilayah V Sumatera, Edi Suandi, menjelaskan, rencana memperkenalkan Tabur Puja di Kota Padang akan dilakukan pada penutupan tahun ini.
“Ya, saya ada rencana untuk itu. Karena di Padang Panjang itu kebanyakan petani sayur serta usaha oleh-oleh dan kerajinan. Usaha demikian, sangat bagus untuk dapat dibantu,” katanya, Senin (23/7/2018).
Ia menyebutkan, misi Tabur yang bertujuan untuk membantu masyarakat kurang mampu untuk mengembangkan usaha, perlu dikembangkan di wilayah Sumatera Barat. Karena sampai saat ini, Tabur Puja baru berkembang di dua daerah di Sumatera Barat, yakni Kota Padang dan Kabupaten Solok.
Di Kota Padang, katanya, usaha yang paling banyak tumbuh adalah usaha mikro. Sementara untuk kerajinan, hanya sebagian kecil dan begitu juga untuk bertani, hampir dikatakan sangat kecil keberadaannya yang dibantu oleh Tabur Puja.
“Padang adalah kota besar, jadi usaha yang banyak berkembang itu usaha rumahan, warung kalontong, penjual gorengan, berdagang di pasar, dan banyak usaha lainnya,” ungkapnya.
Sementara di Kabupaten Solok, kerajinan dan bertani serta budi daya ikan dan ternak ayam paling dominan. Hal ini karena Solok merupakan daerah ketinggian, yang jauh dari laut. Sehingga, usaha yang ada jauh berbeda dengan Kota Padang yang berada di sepanjang pantai.
Karenanya pula, Edi menilai Kota Padang Panjang merupakan kota yang bagus dan strategis untuk dikembangkannya Tabur Puja. Di sana, petani sayur sangat banyak, mulai dari sayur lobak, bawang merah, wortel, tomat, cabe merah, dan banyak jenis tanaman lainnya.
“Padang Panjang merupakan daerah yang dingin. Jadi, tanaman sayuran adalah tanaman yang paling cocok. Saya telah melihat langsung petani di sana,” ucapnya.
Tabungan dan Kredit Pundi Sejahtera (Tabur Puja) merupakan program menabung dan mempergunakan kredit tanpa agunan. Program yang digulirkan oleh Yayasan Damandiri ini untuk mendorong dan memotivasi keluarga-keluarga miskin yang tergabung dalam Pos Pemberdayaan Keluarga (Posdaya) untuk bekerja keras memaksimalkan usahanya.
Baca Juga
Lihat juga...