Terpuruk di Rusia, Jorge Sampaoli Didepak Argentina

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

Jorge Sampaoli akhirnya dipecat AFA setelah Argentina terpuruk di Rusia. Foto: fifa.com

ARGENTINA — Federasi Sepakbola Argentina (AFA) akhirnya mengumumkan berakhirnya kerja sama dengan Jorge Sampaoli. Pelatih timnas Argentina tersebut resmi meninggalkan posisinya menyusul hasil mengecewakan pada Piala Dunia 2018 di Rusia.

Argentina tampil kurang greget di Rusia. Lionel Messi dkk bahkan harus bekerja ekstra keras untuk bisa lolos ke babak 16 besar. Di laga perdana babak penyisihan grup, Argentina dipaksa bermain imbang 1-1 oleh Islandia. Hasil laga kedua jauh lebih buruk. Argentina dipaksa takluk 0-3 oleh Kroasia.

Di laga ketiga, Argentina juga hanya berhasil meraih kemenangan dengan skor tipis 2-1 atas Nigeria. Di babak 16 besar, perjuangan Messi dkk terhenti setelah takluk dari Perancis dengan skor 4-3.

Sebagai arsitek, Sampaoli baru menukangi tim sejak Mei 2017. Namun rumor yang berkembang menyebutkan, peran Messi justru lebih dominan dalam pemilihan skuad jelang Piala Dunia. Rumor itu kian tajam setelah Argentina terseok di babak penyisihan grup.

Sampaoli sendiri sempat menampik informasi yang berkembang. Ia mengklaim memiliki otoritas penuh untuk menentukan pemain mana yang akan diturunkan di Piala Dunia. Kini setelah hasil buruk yang diraih Argentina, Sampaoli sepakat mengakhiri kontrak kerja sama.

“Hari ini, federasi sepakbola Argentina dan mantan pelatih tim nasional, Jorge Sampaoli, telah mencapai kata sepakat untuk mengakhiri kontrak kerja sama. Kerja sama juga berakhir dengan pelatih fisik, Jorge Desio, dan analis video, Matias Manna,” bunyi pernyataan resmi AFA seperti dilansir SportsMole.

Jorge Sampaoli lahir di Casilda, Santa Fe, Argentina pada 13 Maret 1960. Mengawali karir kepelatihan di Juan Aurich pada 2002. Setahun kemudian, ia hijrah ke Sport Boys, dan kembali hijrah ke Coronel Bolognesi pada 2004-2006. Sporting Crystal menjadi klub yang ditanganinya pada 2007.

Tak berlangsung lama, musim 2008-2009 ia menukangi O’Higgins sebelum kembali berganti klub pada 2010. Di 2010 ia sempat menukangi Emelac sebelum mengambil job sebagai pelatih Universidad de Chile hingga 2012. Sampaoli kemudian dipercaya menukangi timnas Cile hingga 2016.

Ini adalah timnas pertama yang ditangani Sampaoli. Dari Cile ia terbang ke Spanyol untuk menukangi Sevilla. Tapi hanya setahun, ia kemudian mengambil tantangan menukangi timnas Argentina hingga kontraknya resmi dihentikan, kemarin.

Lihat juga...