Terserang Penyakit Bule, Petani Terong Rugi Hingga 50 Persen

Editor: Mahadeva WS

213

YOGYAKARTA – Sejumlah petani di Sleman, Yogyakarta mengeluhkan serangan penyakit bule atau kuning daun yang menyerang tanaman mereka. Penyakit tersebut mengakibatkan tanaman mereka rusak dan menurunkan produktivitas hingga 50 persen. 

Seperti dialami seorang petani asal Dusun Koroulun Kidul, Bimomartani, Ngemplak, Sleman, Maryani (40). Lahan pertanian terong seluas hampir 1.000 meter persegi miliknya, terserang penyakit bule sejak beberapa waktu terakhir. Penyakit tersebut mengakibatkan tanaman menguning pada bagian daun. Dampaknya tanaman menjadi tidak tumbuh maksimal.

Maryani menunjukkan tanaman terong yang terserang penyakit bule – Foto: Jatmika H Kusmargana

Akibatnya, buah yang muncul juga tidak bisa tumbuh maksimal dan berukuran kerdil. “Ciri-cirinya daun menguning. Tidak lagi hijau. Buah juga lambat tumbuh, kalaupun tumbuh ukuran kecil. Pada buah itu juga nampak guratan warna kuning. Menandakan kualitas buah terong kurang bagus,” ujarnya, Jumat (27/7/2018).

Dari lahan seluas kurang lebih 1.000 meter persegi, Maryani hanya bisa menghasilkan 50 kilogran terong hijau, sejak penyakit bule menyerang. Padahal biasanya, sekali panen Dia biasa menghasilkan 100 kilogram terong untuk sekali panen. “Biasanya setiap panen bisa didapat dua karung terong. Satu karung isi 50 kilo. Tapi sejak kena penyakit bule, paling hanya dapat satu karung saja. Itupun harga jualnya lebih rendah karena kualitas terong juga kurang bagus,” tambahnya.

Harga jual terong dikatakan Maryani saat ini hanya Rp4.000 per kilogram. Namun harga itu hanya berlaku untuk terong dengan kualitas bagus. Sementara untuk terong dengan kualitas kurang bagus, seperti berukuran kecil atau terdapat guratan warna kuning hanya dihargai Rp2.500-Rp3.000 per kilogram. “Ya jelas rugi. Pendapatan berkurang hampir separoh dari biasanya. Karena itu secepatnya akan saya ganti dengan tanaman lain,” tandasnya.

Maryani mengaku belum mengetahui penyebab munculnya penyakit bule tersebut dan cara mengatasinya. Ia menyebut, penyakit bule kerap menyerang tanaman sayur seperti terong atau cabai. Salah satu yang bisa dilakukan hanyalah dengan mencegah, dengan disemprot pestisida secara rutin.

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.