Tiba di Yogyakarta, Api Abadi Asian Games Diarak Keliling Kota

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

223

YOGYAKARTA — Api Abadi Asian Games 2018 yang dibawa dari New Delhi, India, menggunakan pesawat TNI AU jenis Boeing 737-500 akhirnya tiba di Indonesia dan mendarat di Lanud Adisucipto Yogyakarta sekitar pukul 08.00 WIB, Selasa (17/07/2018).

Dikawal lima pesawat temput T50I Golden Eagle, Api Abadi Asian Games nampak ditempatkan dalam sebuah lentera dan dibawa oleh legenda bulu tangkis Indonesia Susi Susanti sebagai Torch Ambasador Asian Games 2018.

Api kemudian diserahkan kepada Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KASAU) Marsekal Yuyu Sutisna didampimgi Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X, Ketua Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 (INASGOC) Erick Thohir dan sejumlah pejabat lainnya.

Begitu tiba, Api Asian Games juga disambut dengan tarian tradisional serta sejumlah prajurit Bregodo. Api kemudian diarak menuju Museum Dirgantara Yogyakarta, dengan iringan-iringan segenap elemen masyarakat mulai dari Pasukan TNI, Polri, taruna Akademi Militer TNI AU, hingga pelajar SD dan SMP.

api asian games
Legenda bulu tangkis Indonesia Susi Susanti sebagai Torch Ambasador Asian Games 2018 nampak turun dari pesawat membawa Api Abadi Asian Games 2018. Foto: Jatmika H Kusmargana

Ketua Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 (INASGOC) Erick Thohir menyatakan, setelah diinapkan semalam, api abadi dari India ini akan disatukan dengan api Abadi Merapen di Candi Prambanan.

Setelah diarak keliling kota Yogyakarta, nantinya Api Abadi Asian games juga akan dibawa berkeliling sejauh 18 ribu kilometer menuju 53 kota di Indonesia.

“Yogyakarta dipilih sebagai kota pertama, karena merupakan kota bersejarah. Sekaligus juga untuk ajang promosi. Karena Asian Games ini tidak saja sekedar even olahraga saja, namun juga ajang mempromosikan Indonesia. Baik budaya, seni hingga tradisi,” katanya.

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.