hut

Tiga Program TNI AD Dukung Sektor Pertanian

Ilustrasi petani menanam padi - Foto: Dok. CDN

BANJARMASIN – Wakil Kepala Staf Angkatan Darat, Letjend TNI Tatang Sulaiman, mengatakan ada tiga program TNI-AD dalam mendukung program sektor pertanian, yaitu program buka lahan tidur, program operasi khusus (opsus) dan serapan gabah pertanian (sergab).

“Program opsus berupa penambahan tanam agar lahan sawah yang tidak ditanam bisa lebih luas termasuk melakukan penanaman berulang dalam rangka meningkatkan produksi,” ujarnya di Marabahan, Minggu.

Selain itu, lanjut dia, untuk program serapan gabah hasil pertanian dapat dilihat, diantaranya melalui program serapan gabah petani yang hingga kini terus dilakukan TNI.

Terkait dukungan TNI terhadap program optimasi lahan di Desa Jejangkit Muara, menurut Tatang Sulaiman, strateginya dengan pemusatan kekuatan berupa pengerahan alat-alat berat yang digunakan untuk membuat tanggul, saluran air, mengolah lahan menjadi sawah.

Wakasad juga menyatakan, TNI akan bergerak cepat, mengingat TNI terbiasa bekerja dalam situasi tidak normal dan pihaknya optimis program tersebut bisa dikerjakan.

Yang penting dalam kegiatan ini ada keinginan, ada tanggung jawab, kerja sama yang baik dan semuanya bekerja ikhlas, itu kuncinya.

Terpisah, Gubernur Kalsel, H. Sahbirin Noor menyatakan optimistis terhadap pertanian terpadu percontohan di Desa Jejangkit Muara sepanjang dikerjakan sungguh-sungguh dan dilakukan bersama-sama.

“Tanggung jawab kita akan bergerak habis-habisan. Saya katakan, tidak ada pekerjaan besar di dunia yang tidak bisa diselesaikan selama mau bergotong-royong, bahu-membahu, ‘berat sama dipikul ringan sama dijinjing’,” tegasnya. (Ant)

Lihat juga...