Tiket Pesawat Mahal, Perantau Pilih Gunakan Kapal Laut

Editor: Satmoko Budi Santoso

186
Kepala DLU Cabang Banjarmasin Anton Wahyuddin - Foto Arief Rahman

BANJARMASIN – Masih mahalnya harga tiket pesawat tujuan Surabaya ke Banjarmasin, mendorong masyarakat perantauan beralih menggunakan Kapal Laut untuk kembali pulang ke Banjarmasin.

Salah satu penyedia jasa Kapal Laut di Banjarmasin, PT Dharma Lautan Utama (DLU) bahkan mengklaim, tiap kedatangan Kapal Roro pihaknya ke Pelabuhan Trisakti Banjarmasin, tercatat ada ratusan penumpang yang diangkut.

“Tiap kedatangan ada sekitar 500-700 penumpang yang kami angkut ke Banjarmasin. Kemungkinan salah satunya dikarenakan masih mahalnya harga tiket pesawat ke Banjarmasin,” ungkap Kepala DLU Cabang Banjarmasin, Anton Wahyuddin, Senin (23/7/2018).

Memang, diakui Anton, jika menggunakan Kapal Laut biaya yang dikeluarkan oleh masyarakat dari Surabaya ke Banjarmasin jauh lebih murah, hanya berkisar di angka Rp280.000 per orang. Berbeda sekali jika menggunakan pesawat yang harganya masih mencapai jutaan rupiah per orang.

“Lagi pula masyarakat yang sebelumnya pulang ke Jawa kebanyakan membawa serta motor dan mobilnya. Jadi untuk membawa motor dan mobilnya ke Banjarmasin lebih praktis dan murah menggunakan Kapal Laut,” jelasnya.

Selain karena persoalan mahalnya harga tiket pesawat, memang diakui tiap tahun arus balik dari Jawa ke Banjarmasin melalui jalur laut relatif lebih panjang. Bahkan tidak jarang arus balik terjadi hingga momen Hari Raya Idul Adha.

Hal itu karena sebagian pemakai jasa angkutan laut kebanyakan adalah pedagang dan buruh perkebunan. Sehingga mereka bisa lebih leluasa menentukan kapan untuk kembali bekerja di Banjarmasin.

“Kalau pada hari biasa paling kurang dari 100 penumpang yang kami bawa tiap keberangkatan. Untuk sekarang boleh dikatakan masih tinggi, karena lebih dari 500 penumpang bisa diangkut,” tambahnya.

Terkait angkutan barang, sudah sejak sebulan lalu aktivitasnya sudah mulai normal dari Surabaya ke Banjarmasin maupun sebaliknya. Rata-rata tiap keberangkatan ada sekitar 35-40 Truk Fuso yang diangkut pihaknya.

“Kalau dari Surabaya ke Banjarmasin jenis barang yang diangkut adalah bahan bangunan hingga sayuran. Sedangkan dari Banjarmasin ke Surabaya adalah kayu dan rongsokan,” bebernya.

Sebelumnya, pelaku jasa Travel Penerbangan di Banjarmasin RB Damaris mengakui, masih mahalnya harga tiket dari Surabaya ke Banjarmasin. Momen libur panjang menjadi sebab tingginya harga tiket dibanding hari biasa walaupun momen lebaran Idul Fitri sudah usai.

“Harganya bahkan tembus di angka Rp1 juta lebih. Padahal biasanya harga yang kita jual setelah momen arus balik lebaran paling hanya sekitar Rp500 ribu saja untuk pesawat jenis Lion dan Citi Link,” pungkas Owner RB Travel tersebut.

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.