hut

Tim Kesehatan Haji Imbau CJH Perbanyak Minum

Ilustrasi jamaah haji - Dok. CDN

MADINAH — Tim kesehatan haji Indonesia mengimbau agar para calon jemaah haji (CJH) memperbanyak minum air putih atau zam zam karena cuaca di Arab Saudi saat ini cukup panas.

“Bila kurang minum bisa berbahaya bagi kesehatan,” kata anggota tim kesehatan haji Indonesia, dr Luluk kepada para CJH di Madinah, Minggu (22/7/2018).

Sudah ada CJH yang kondisi tubuh tidak sehat akibat kurang minum. Untuk minum sendiri upayakan satu jam segelas supaya dapat menghindari kekurangan cairan, ujar dia.

Menurut dia, minum tidak perlu menunggu haus karena panas di Arab Saudi di atas Indonesia. Bahkan, lanjut dia, ada kakinya yang melepuh akibat kepanasan sebab lupa memakai alas kaki.

“Oleh karena itu harus selalu perbanyak minum agar kondisi tubuh tetap prima,” ujar dia.

Menurut dia, begitu juga peralatan yang telah diberikan seperti semprotan air harus selalu dibawa agar setiap saat dapat digunakan.

“Begitu juga masker karena ribuan umat Islam saat ini sudah berada di Madinah,” tambah dia.

Usai pengarahan tim kesehatan juga memberikan pengetahuan pada para CJH untuk mengetahui titik syaraf bila terjadi sakit seperti kepala, pinggang dan kaki.

Bila diketahui titik syarat yang sakit tersebut segera ditekan berulang ulang agar tidak nyeri lagi. Sebagaimana CJH Indonesia termasuk Embarkasi Palembang saat ini sedang melaksanakan shalat Arbain di Masjid Nabawi. (Ant)

Lihat juga...