Tingkatkan Kunjungan, Dispar Karangasem Latih Pemilik Penginapan

Editor: Mahadeva WS

253

KARANGASEM – Dinas Pariwisata Kabupaten Karangasem menggelar Pelatihan Teknik Pemanduan Wisata dan Pelayanan Prima Bagi Pramuwisata Khusus, Rabu (11/7/2018).

Pelatihan dilakukan yang diberikan adalah, Program Studi Manajemen Bisnis Perjalanan (MBP) dan Pelatihan Divisi Layanan Kamar Bagi Pemilik/Pengelola Homestay.Kegiatan tersebut hasil kerjasama antara Pemkab Karangasem dengan Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Nusa Dua Bali.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Karangasem Bali, I Wayan Astika.-Foto: Sultan Anshori.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Karangasem Bali, I Wayan Astika mengatakan, tujuan utama kegiatan tersebut adalah dalam rangka pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Selain itu, juga menjadi komitmen STP Nusa Dua Bali dalam mengimplementasikan Kesepakatan Bersama dengan Pemerintah Kabupaten Karangasem khususnya Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM).

“Kegiatan ini tentu akan berdampak positif dan dapat bermanfaat dalam meningkatkan kapasitas dan kompetensi sumber daya manusia di bidang pariwisata sehingga dapat diaplikasikan dalam upaya meningkatkan pelayanan kepada wisatawan sekaligus meningkatkan citra destinasi wisata di Kabupaten Karangasem,” ucap Wayan Astika kepada Cendana News, Rabu, (11/7/2018).

Ada dua materi yang disampaikan, yaitu pelatihan pelayanan room division. Materi diberikan dalam upaya meningkatkan kepuasan tamu pada homestay di Kab Karangasem. Materi kedua, tentang Peranan Kelembagaan HPI Bali Dalam Meningkatkan Profesionalisme Pemandu Wisata Lokal. “Selain itu materi yang bersifat teknis juga diberikan oleh para instrukturnya. Kegiatan tersebut diikuti oleh 50 pelaku pariwisata di Kabupaten Karangasem,” imbuh Astika.

Saat ini, Kabupaten Karangasem Bali semakin diminati oleh wisatawan mancanegara. Hal ini terbukti dengan banyaknya wisatawan yang datang untuk berlibur di kabupaten yang terletak di ujung timur pulau Bali tersebut. Dari data yang ada di Dinas Pariwisata Kabupaten Karangasem, di Juni ini tercatat setidaknya ada 84.808 orang turis mancanegara yang datang.

Jika dibandingkan pada periode yang sama di tahun lalu angka kunjungan wisatawan meningkat dengan angka 71.351 wisatawan. “Tren kunjungan wisatawan di Kabupaten Karangasem semakin positif. Kenaikan tingkat kunjungan kurang lebih sekitar 20 persen lebih-lah. Peningkatan kunjungan wisatawan ke kabupaten kita ini harus dimanfaatkan oleh para pelaku wisata termasuk oleh para pemilik penginapan di Karangasem. Oleh sebabnya kami gelar pelatihan,” tandas Kepala Dinas yang selalu tampil necis tersebut.

Kawasan yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan, hampir merata di semua destinasi wisata yang dimiliki oleh Kabupaten Karangasem Bali seperti Bukit Asah, Besakih, Pantai Amed, Taman Ujung, Dan Taman Air Gangga. Rata-rata wisman yang datang lebih didominasi oleh wisatawan asal Eropa, Australia dan Cina.

Komang Esti, salah seorang peserta pelatihan mengaku senang dengan adanya pelatihan. Dengan kegiatan tersebut, Dirinya lebih mengetahui bagaimana cara melayani tamu demi meningkatkan tingkat kunjungan ke penginapannya. Setiap wisatawan dari berbagai negara didunia memiliki karakter yang berbeda-beda. Mulai dari kebiasaan mereka menggunakan fasilitas penginapan dan makanan yang disediakan.

“Seperti tamu asal Eropa misalnya, Mereka biasanya tidak suka fasilitas TV di kamarnya. Karena mereka memang betul-betul ingin menikmati liburan yang sunyi tanpa terkontaminasi oleh hal-hal lain selain liburan,” ucap perempuan yang juga memiliki penginapan di Kawasan Pantai Amed ini.

Baca Juga
Lihat juga...