TMII Revitalisasi Pengembangan Budaya Bangsa

Editor: Makmun Hidayat

340

JAKARTA — Taman Mini Indonesia Indah (TMII) terus berbenah dalam upaya pelestarian dan pengembangan budaya bangsa. Salah satu yang dilakukan adalah revitalisasi TMII.

Direktur Utama TMII, Tanribali Lamo, mengatakan proses revitalisasi TMII terus berjalan. Terbukti sejumlah bangunan budaya terus diperbaiki.

“Kita ingin revitalisasi semua tempat untuk pengembangan budaya. Kita juga akan mempertegas peran pemerintah daerah memanfaatkan anjungan untuk promosi budaya,” kata Tanri kepada Cendana News ditemui usai rapat di Gedung Pengelola TMII, Jakarta, Senin (23/7/2018).

Menurutnya, revitalisasi TMII mutlak diperlukan mengingat perkembangan zaman yang semakin canggih. Sehingga menjadi tantangan bagi TMII untuk mewujudkan miniatur Indonesia ini sebagai wahana pelestarian budaya yang tetap menarik untuk dikunjungi.

Dia menyebut masalah budaya tidak akan pernah hilang, sehingga pelestarian dan pengembangan budaya harus terus dilakukan dengan menjunjung nilai-nilai peradaban bangsa.

Tanri berharap TMII sebagai sarana pelestarian khazanah seni budaya bangsa dapat memberikan edukasi kepada masyarakat atau pengunjung. Setiap bangunan di TMII akan dikemas dengan unsur budaya yang sarat edukasi.

“Kita perbaiki semuanya dikemas dengan unsur budaya. Mudah-mudah pada HUT ke 44 TMII tahun depan banyak hal yang sudah diperbaharui dalam pelestarian khazanah budaya bangsa,” pungkasnya.

Baca Juga
Lihat juga...