TMMD Kodim 0421 Lamsel Bantu Pembangunan Infrastruktur Warga Pesawaran

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

150

LAMPUNG — Pelaksanaan pembangunan infrastruktur dalam TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) di tiga desa di Kecamatan Negeri Katon Kabupaten Pesawaran sudah mencapai 80 persen.

“Sudah mencapai 80 persen di tiga desa yang ada,” sebut Komandan Kodim 0421/LS Letkol (Arm) Untoro Hariyanto melalui Pasiter Kodim Kapten (Inf) Sukandi didampingi Danramil 421-02 Gedong Tataan Kapten (Inf) Suparno, Minggu (29/7/2018).

Disebutkan, pelaksanaan TMMD ke-102 tahun 2018 dilakukan selama satu bulan sejak 10 Juli hingga 8 Agustus mendatang. Tiga desa yang menjadi sasaran meliputi Rowo Rejo, Sidomulyo dan Grujugan Baru.

Pembangunan dilakukan melibatkan unsur TNI sebanyak 122 personel, Polri sebanyak 10 orang, unsur pemerintah daerah sebanyak 7 orang serta peran serta masyarakat sebanyak 135 orang.

“Sebagian besar sasaran TMMD merupakan pembangunan fisik dan non fisik. Untuk fisik berupa sejumlah infrastruktur jalan, jembatan, rumah ibadah, Untuk on fisik berupa penyuluhan ke masyarakat dan generasi muda,” terangnya.

Khusus untuk kegiatan fisik, pembuatan jalan penghubung di desa Sidomulyo menuju desa Grujugan Baru dengan panjang 1.200 meter dan lebar 4 meter.

“Hingga akhir Juli ini kemajuan pengerjaan fisik akses jalan tersebut sudah mencapai 85 persen lebih,” sebutnya.

Selanjutnya pembukaan badan jalan Umbul Gading Desa Grujugan Baru sepanjang 500 meter dan lebar 4 meter sudah mencapai kemajuan fisik hingga 85 persen.

Selain aksea jalan, TMMD Kodim 0421/LS juga melakukan pembuatan fasilitas jembatan penghubung Desa Sidomulyo ke Desa Grujugan Baru dengan panjang 12 meter dan lebar 5 meter.

“Hingga akhir pekan ini kemajuan pekerjaan fisik sudah mencapai 45 persen,” sebutnya.

Pasiter Kodim 0421/Lampung Selatan, Kapten (Inf) Sukandi membaur dengan masyarakat dalam kegiatan TMMD ke-102 di Kecamatan Negeri Katon Kabupaten Pesawaran Lampung [Foto: Ist/Henk Widi]
Pembangunan non fisik seperti penyuluhan Kambtimas disebutnya berkoordinasi dengan Polres Pesawaran. Peserta penyuluhan diberikan materi dengan tema Kamtimbas dan tertib berkendara di jalan raya.

Selain bagi masyarakat umum, kegiatan penyuluhan terhadap generasi muda dilakukan di sejumlah sekolah tingkat SMP hingga SMA. Penyuluhan mencakup bahaya penyalahgunaan narkotika dan obat obatan berbahaya (Narkoba).

Hendra (40) salah satu warga Desa Grujugan Baru menyebut sangat senang adanya program TNI AD dalam kegiatan TMMD Kodim 0421/Lampung Selatan. Kegiatan pembangunan infrastruktur memberi manfaat bagi warga dalam melakukan mobilitas serta pengangkutan hasil pertanian.

“Selain pembangunan fisik dan non fisik, capaian pembangunan dalam TMMD ikut membuka wilayah di kecamatan Negeri Katon yang selama ini terisolir akibat akses jalan belum dibuka,” terangnya.

Selain itu warga juga bisa melek hukum melalui penyuluhan dan sosialisasi ketertiban berlalulintas, bahaya narkoba. Sejumlah masyarakat kurang mampu juga mendapatkan bantuan dalam bakti sosial pemeriksaan kesehatan.

Hendra berharap saat kegiatan TMMD diselesaikan seluruh fasilitas yang dibuat bisa dijaga dengan baik sebagai bentuk kepedulian TNI manunggal masyarakat desa.

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.