TNI-Rakyat Bangun Jalan Pertanian di Lotim

Editor: Koko Triarko

169
LOMBOK – Danrem 162 Wira Bhakti, mengajak masyarakat untuk terus menggalakkan dan menghidupkan budaya gotong-royong di tengah masyarakat dalam setiap agenda pembangunan, termasuk pembangunan jalan.
Hal tersebut disampaikan Danrem 162/WB, Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani, saat membuka program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) di Lapangan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur, Selasa (10/7/2018).
Menurutnya, budaya gotong-royong selama terkesan mulai redup di tengah masyarakat, padahal dengan bergotong-royong, segala sesuatu pekerjaan akan lebih ringan, karena dikerjakan bersama.
Dan, budaya gotong-royong memang pernah digalakkan sejak dulu dan terbukti bisa mendorong partisipasi masyarakat. Sasaran fisik pada TMMD 102 sekarang, yakni pembuatan jalan baru usaha tani, pembangunan musala dan pemelesteran serta pemasangan keramik di dusun yang berbeda.
“Pembuatan Poskamling di tiga lokasi dan ada juga beberapa permintaan pembangunan tambahan yang langsung dengan dana swadaya dari masyarakat setempat” kata Rizal.
Selain itu, lanjutnya, ada juga sasaran nonfisik, seperti membangun mental jiwa gotong-royong, kebersamaan, jiwa nasionalisme dan patriotisme,  penyuluhan kesehatan, penyuluhan hukum, penyuluhan pertanian dan lainnya, sehingga terbangun kesadaran masyarakat dalam menjaga Keutuhan NKRI.
Assisten I Setda Lombok Timur, Hamidin,  mengatakan, keterlibatan dan peran serta TNI dalam proses pembangunan selama ini tidak diragukan, bahkan telah berlangsung sejak era Presiden Soeharto.
Melalui program TMMD ini, diharapkan bisa membantu meningkatkan akselerasi pembangunan di daerah, mewujudkan ketahanan yang tangguh dan memelihara serta meningkatkan kemanunggalan TNI dan rakyat.
Dikatakan, keterbatasan anggaran dan sumber daya pemerintah daerah untuk membangun seluruh wilayah, secara bersamaan dihadapkan dengan tuntutan dan kebutuhan masyarakat akan pelayanan, karenanya daerah terisolir dan tertinggal sangat mendukung akselerasi dan pemerataan pembangunan di daerah.
“Kepada seluruh elemen masyarakat, supaya bisa bersinergi untuk suksesnya pembangunan, sehingga hasil TMMD dapat terwujud secara nyata”, katanya.
Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.