Toolmed, Buku Swamedikasi Karya Mahasiswa

Editor: Koko Triarko

174
Buku Swamedikasi karya sejumlah mahasiswa yang diberi nama Toolmed. –Foto: Ist/ Jatmika H Kusmargana
YOGYAKARTA – Belum banyak tersedianya buku swamedikasi atau buku panduan pengobatan mandiri untuk mengatasi penyakit ringan pada anak, menjadi latar belakang sejumlah mahasiswa untuk membuat Toolmed. 
ToolMed merupakan buku yang ditujukan bagi para orang tua untuk mengatasi anaknya yang sakit. ToolMed ini dibuat berupa buku panduan swamedikasi atau pengobatan mandiri pada anak, yang dilengkapi dengan boneka berbentuk sediaan obat.
Dikembangkan oleh sejumlah mahasiswa UGM, yakni Asa Salsabela Arianti Wijayant, Uliya Ita Rahmita, Kamila Muyasarah, dan Sandy Arya, buku swamedikasi ini ditujukan sebagai edukasi bagi orang tua untuk secara mandiri bisa mengobati anaknya.
“Ada tiga poin utama yang dikedepankan oleh ToolMed, yaitu poin interaktif, edukatif dan aplikatif,” kata Asa Salsabela, belum lama ini.
Lahir melalui Program Kreativitas Mahasiswa bidang Kewirausahaan, buku swamedikasi ini dibuat dengan menggunakan bahasa penulisan buku pengobatan yang sederhana, sehingga bisa dipahami oleh masyarakat awam.
“Sampai saat ini, belum ada buku swamedikasi di pasaran dengan bahasa yang mudah dipahami, dan diperuntukkan untuk masyarakat awam, karena itu kita membuatnya,” ungkap mahasiswa Farmasi ini.
Ia menjelaskan, buku ini membahas setiap keluhan dari mulai definisi, penyebab, fakta menarik, terapi non-obat, terapi obat, alur pikir terapi, serta contoh kasus. Yakni, mencakup berbagai penyakit ringan yang biasa terjadi pada anak, seperti batuk, pilek dan demam.
“Dengan buku ini, kami ingin mengajak orang tua untuk berpikir bersama secara menyenangkan. Sehingga orang tua dapat menerapkannya secara gampang sehari-hari,” ujar Kamila, yang merupakan mahasiswa kedokteran.
Dibuat colourfull dan penuh ilustrasi, Toolmed juga dilengkapi boneka berbentuk sediaan obat yang ditujukan untuk meningkatkan pengetahuan kognitif anak, dan menjadi media pengenalan dini obat pada anak secara menarik.
Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.