Torch Relay Melintasi Kota Denpasar

Editor: Mahadeva WS

279

DENPASAR – Kirab obor Asian Games XVIII akhirnya tiba di Kota Denpasar Bali, Selasa (24/7/2018). Sebelumnya, iring-iringan kirab obor melintasi Kabupaten Badung dan Gianyar. Api obor tersebut disambut antusias ribuan masyarakat Kota Denpasar.

Memasuki wilayah Kota Denpasar, api obor ini dibawa oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya bersama Menteri Koperasi dan UMKM, A.A. Ngurah Gede Puspayoga. Berawal dari kawasan Subak Sembung Peguyangan, Kecamatan Denpasar Utara api kemudian diserahkan kepada Wakil Walikota Denpasar, I.G.N Jaya Negara yang hadir didampingi Ketua DPRD Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Gede.

Iringan Torch Relay Asian Games XVIII di Denpasar, dibawa atlet Ade Rai,  mengambil start dari Ekowisata Subak Sembung, melintasi Jalan Ayani, Jalan Maruti, Jalan Sutomo, Jalan Gajah Mada,  melintasi titik nol kilometer Kota Denpasar di kawasan Patung Catur Muka. Iring-iringan kemudian bergerak ke Jalan Surapati, Jalan Kapten Japa, Jalan Cok Agung Tresna dan berakhir di Lapangan Puputan Niti Mandala Renon untuk selanjutnya beranjak menuju Mataram, NTB.

Menteri Pariwisata, Arief Yahya mengatakan, Torch Relay Asian Games XVIII melibatkan 20.000 atlet, official dan media. Ditambah 150.000 penonton asing. Sehingga total keseluruhan menjadi 170.000 orang penonton. Telah ditetapkan, tujuh destinasi wisata yang dipromosikan selama penyelenggaraan Asian Games 2018. Diantaranya obyek wisata yang berada di Bali, Jogja, Jakarta, Palembang dan sekitarnya.

“Promosi wisata sudah dilakukan sejak tahun 2017 lalu. Ini merupakan sebuah event besar, tentu harus  dimanfaatkan untuk mempromosikan wisata di Indonesia,” kata Arief Yahya.

Rangkaian Asian Games diliput dan disiarkan oleh 45 negara peserta. “Saya yakin kegiatan di Subak Sembung ini akan menjadi trending topik dan harus menjadi pembicaraan semua orang karena ditempat ini ada sebuah event besar yakni kirab api obor Asian Games,” pungkasnya.

Wakil Walikota Denpasar Jaya Negara mengapresiasi kepercayaan kepada Denpasar menjadi salah satu tujuan dari api obor Asian Games 2018. “Mudah-mudahan dengan spirit api obor ini dapat menjadi motivasi bagi seluruh atlet di Indonesia serta bisa mengharumkan nama Indonesia di kancah Asian Games. Tidak lupa juga mereka harus mampu menjunjung tinggi nilai sportivitas, berjuang dengan maksimal sesuai dengan spirit api obor Asian Games,” kata Jayanegara.

Kadis Pariwisata Desire Mulyani mengatakan, kehadiran obor Asian Games diharapkan dapat memberikan dampak pada pariwisata di Denpasar. Saat ini Denpasar telah meraih penghargaan daerah terbaik Wonderful Indonesia.

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.