Uruguay Tersingkir, Tabarez Gamang Tentukan Masa Depan

Editor: Satmoko Budi Santoso

216
Oscar Tabarez masih enggan membicarakan masa depannya setelah tersingkir dari Piala Dunia Rusia. Foto: fifa.com

URUGUAY – Pelatih Kepala Tim Nasional Uruguay, Oscar Tabarez, menolak berkomentar terkait masa depannya bersama La Celeste. Ia masih belum mau buka suara apakah tetap bertahan atau memilih mundur setelah kekalahan 0-2 dari Prancis di babak perempat final Piala Dunia Rusia.

Eks Bos AC Milan yang telah menukangi Timnas Uruguay selama 12 tahun, masih enggan mendiskusukan masa depannya. “Saya tidak tahu apakah ada pelatih yang bisa memutuskan masa depannya sendiri,” ucap Tabarez seperti dikutip The Mirror.

Menurut Tabarez, ia masih memiliki sisa kontrak bersama Uruguay. Kendati begitu ia memastikan belum mau membicarakan apa pun terkait masa depannya mengingat saat ini bukanlah momen yang tepat untuk mendiskusikan.

Ia mengungkapkan, ada asosiasi yang berwenang membuat keputusan terkait masa depannya bersama Uruguay. Dengan begitu, ia melontarkan komentar saat ini, maka itu akan bertentangan dengan prinsip yang dipegang selama ini.

“Saya tidak tahu apa yang akan terjadi. Namun sepakbola Uruguay akan terus tumbuh dan mengembangkan sejarahnya sendiri,” katanya.

Uruguay melewati babak penyisihan Grup A Piala Dunia 2018 dengan menyandang status sebagai pimpinan grup. Uruguay melakoni laga Perdana kontra Mesir dengan kemenangan tipis 1-0. Di laga kedua kontra Arab Saudi, Uruguay kembali memetik kemenangan tipis 1-0.

Di laga terakhir, Uruguay memaksa tuan rumah Rusia kembali menginjak bumi setelah meraih kemenangan besar di dua laga pembuka. Uruguay memaksa Rusia bertekuk lutut dan menyerah 0-3.

Soliditas permainan Uruguay kembali berbuah manis di babak 16 besar. Meladeni Portugal, Uruguay mengunci tiket perempat final setelah menang dengan skor 2-1. Dua gol Le Celeste dipersembahkan Edinson Cavani. Tapi saying, kemenangan itu membawa korban. Cavano harus menapi akibat cedera.

Benar saja, di babak perempat final kontra Perancis yang digelar tadi malam, Uruguay tidak sanggup berbuat banyak. Luis Suarez yang dipasangkan dengan C. Stuani menggantikan Cavani, mandul. Kondisi itu menguntungkan Perancis yang memiliki lini depan lebih lengkap.

Hasilnya dua gol disarangkan ke gawang Uruguay. Gol pertama lahir menit 40 melalui Raphael Varane, dan gol kedua lahir melalui Antoine Griezmann pada menit 61.

Baca Juga
Lihat juga...