Wagub DKI Apresiasi Pasukan Orange Menggambar Mural

Editor: Koko Triarko

328
JAKARTA – Wakil Gubernur DKI, Sandiaga Uno, mengapresiasi Petugas Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) atau pasukan oranye, yang ikut membuat mural dalam rangka menyambut Asian Games 2018, meskipun dinilai ada kekurangan.
“Mereka kan tentunya dengan segala keterbatasan mereka. Mereka tidak sekolah gambar, tapi lumayan bagus ya, menurut saya. Kalau sudah jadi, mah bagus. Ya, nanti pasti ada kekurangan di kiri-kanan, dan tentunya tidak akan perfect. Tapi menurut saya, ini bagian dari apresiasi yang kita harus berikan kepada anggota masyarakat dan PPSU,” kata Sandi, usai peluncuran bus Wonderful Indonesia di Monas, Jakarta Pusat, Kamis, (26/7/2018).
Orang nomor dua di DKI ini mengatakan, Pemprov DKI tidak menginstruksikan tim oranye untuk membuat mural Asian Games. Menurutnya, kegiatan itu inisiatif dari pasukan oranye, sehingga tidak ada anggaran Pemprov DKI untuk membuat mural Asian Games ini.
“Semuanya inisiatif mereka, ya kita apresiasi. Kalau mengenai insentifnya, kan sudah di-cover. Tentunya insentif yang mereka terima sesuai dengan ketentuan,” ujar Sandiaga.
Sandi ingin agar seniman terlibat dalam membuat mural Asian Games. Supaya kegiatan menggambar mural Asian Games dapat dilakukan oleh berbagai kalangan.
“Ya, biasa Pak Gubernur kan selalu mengajak partisipatif kolaboratif. Nah, kita kasih lihat, nih PPSU sudah seperti ini, masyarakat seperti ini. Kita memanggil gedung-gedung juga, dong. Yang teman-teman dari lapisan atas, seniman-seniman, yuk kita gabung (menyemarakkan Asian Games). Dan, do it your self,” tutur Sandi.
Dia mengungkapkan, keterlibatan PPSU itu merupakan bentuk partisipatif kolaboratif.
“Ini yang selalu saya sebut sebagai do it yourself economy. Tidak perlu harus diarahkan, kami cuma fasilitasi saja. Mereka mengajukan kegiatan, ya tentunya Pemprov memfasilitasi,” jelasnya.
Menurutnya, hal itu sangat membanggakan dan mengirim pesan yang jelas, bahwa kita menjadi satu kesatuan dan menjadikan Asian Games ini pemersatu dan penyemangat.
“Ini yang saya rasa alhamdulillah merupakan awal dari kesuksesan Asian Games,” sambungnya.
Pasukan oranye atau PPSU se-Jakarta ikut terlibat menyemarakkan Asian Games 2018. Mereka diberi kesempatan menggambar di tembok-tembok Jakarta dengan tema Asian Games 2018.
Sedangkan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, mengaku tak pernah menginstruksikan PPSU atau pasukan oranye membuat mural Asian Games 2018. Namun, menurut Anies, baik PPSU maupun warga harus diberikan ruang kreativitas.
Baca Juga
Lihat juga...