Wagub DKI Klaim Peserta OK OCE Tembus 40.000

Editor: Koko Triarko

292
Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga, –Foto: Lina Fitria
JAKARTA – Wakil Gubernur DKI, Sandiaga Uno, mengatakan, saat ini jumlah pendaftar program OK OCE sudah lebih dari 40.000 orang. Dia pun berjanji akan memberangkatkan peserta yang ke-40.000 itu untuk umrah.
“Hari ini juga sudah tembus 40 ribu lapangan pekerjaan, dan 40 ribu ini kita sudah berjanji akan kasih hadiah umrah. Hadiah umrah ini jadi yang ke-40 ribu dapat insentif umrah,” ujar Sandi, di Condet, Jakarta Timur, Rabu (11/7/2018).
Menurut Sandi, pemberian hadiah tersebut lantaran dirinya telah menargetkan dalam setahun akan mencapai 40 ribu peserta OK OCE. Dia juga menargetkan dalam lima tahun nanti bisa mencapai 200 ribu peserta. Dia pun menyakini, program tersebut bakal menurunkan angka pengangguran di ibu kota.
Selain memberikan hadiah untuk pendaftar yang ke-40.000, hadiah juga menanti pendaftar OK OCE yang ke-39.999 dan 40.001, berupa kesempatan gratis pergi ke Bangkok, Thailand.
“Yang ke-40.001 dan ke-39.999 ke Bangkok. Kemarin Pak RW sudah bersedia memberikan support-nya,” katanya.
Sandi menjelaskan, dipilihnya Thailand sebagai tujuan, karena negara itu juga sukses mengembangkan One Tambon One Product.
“Salah satu pemikiran OK OCE itu dimulai dari OTOP, yaitu One Tambon One Product yang sudah digagas di Thailand, dan sukses. Dan, di Jepang itu OVOP, One Village One Product, juga sukses di Jepang,” papar Sandi.
Sedangkan untuk pemenang ketiga yang diambil dari 40.000 plus dua dan minus dua akan diberikan kesempatan untuk melihat UKM sukses di Yogyakarta dan Bali.
“Pemenang ketiganya yang ke-39.998 dan 40.002-nya itu kita kasih kesempatan untuk melihat UKM-UKM sukses di dalam negeri,” ujar Sandi.
Sandi mengatakan, beragam hadiah yang diberikan untuk sejumlah pendaftar beruntung itu, adalah wujud rasa syukurnya atas partisipasi masyarakat terhadap OK OCE. Ia menargetkan, ada 40 ribu UMKM yang mendaftar OK OCE pada April.
“Ini akan kita selebrasi, karena kita harus ucapkan syukur. Ini sebuah pencapaian yang sangat fenomenal menurut saya,” kata Sandi.
Sandi berharap, dengan adanya pemberian hadiah bisa membangkitkan semangat dari peserta OK OCE. “Belum sembilan bulan, alhamdulillah sudah tembus. Jadi, ini yang patut kita syukuri,” katanya.
Untuk pemenang pertama hingga ketiga akan diumumkan sekaligus pemberian simbolis hadiah. Sedangkan nama-nama pemenang tersebut dia enggan memberitahukannya. Pasalnya, akan diumumkan saat pemberian simbolis.
“Nanti by sistem, by name dan by addres. Nanti kita umumkan sekaligus pemberian secara simbolis insentifnya,” ungkapnya.
Sandi juga akan memberikan motivasi kepada para peserta hingga tips yang diberikan Sandiaga yang sering disebut dengan ‘empat as’. Sandiaga mengatakan, dengan tips tersebut, diharapkan peserta dapat sukses dalam kariernya.
“Ada ‘empat as’. Pertama, kerja keras. Lalu kalau sudah dilatih kerja cerdas, kerja tuntas, dan kerja ikhlas,” tuturnya.
Sandiaga juga berharap, pusat pelatihan tersebut dapat menciptakan tenaga kerja yang terampil untuk membantu mengurangi pengangguran.
“Kota Jakarta tingkat penganggurannya tembus 20 persen, program harus sinergis antardinas. Kami ingin pengangguran kami kikis,” ungkapnya.
Mantan pengusaha itu berpesan, agar peserta pelatihan tidak hanya berlatih bekerja, melainkan mampu mengembangkan usahanya dengan program OK OCE.
“Lima tahun dengan program OK OCE akan tercipta 200.000 wirausaha baru, dan saya sekarang melihat muka-muka para peserta ini, muka-muka para pengusaha yang sukses dalam tahun-tahun ke depan,” tutur Sandiaga.
Sandiaga memang telah berjanji memberangkatkan umrah pendaftar OK OCE yang ke-40.000. Hadiah ini juga berlaku bagi mereka yang beragama nonmuslim. Namun, jika Si Pendaftar beragama Kristen, akan diberangkatkan ke Yerusalem.
Baca Juga
Lihat juga...