Warung Cerdas Damandiri, Buka Lapangan Kerja

Editor: Satmoko Budi Santoso

228

YOGYAKARTA – Sejak dibuka akhir Mei 2018 lalu, keberadaan Warung Cerdas Damandiri sebagai salah satu unit usaha KUD Gemah Ripah, telah memberikan banyak manfaat bagi warga Trirenggo Bantul.

Selain mampu menyediakan berbagai produk kebutuhan pokok dengan harga murah bagi pelaku usaha kecil di sekitarnya, Warung Cerdas Damandiri juga mampu membuka lapangan kerja baru di Desa Trirenggo.

Salah satu warga yang merasakan manfaat langsung keberdaan Warung Cerdas Damandiri ini adalah Septi (22) warga Trirenggo, Bantul. Gadis manis satu ini mengaku mulai bekerja di Warung Cerdas sejak pertama kali dibuka.

Salah seorang karyawan Warung Cerdas Desa Trirenggo, Yuliati (kerudung pink) – Foto Jatmika H Kusmargana

“Sebelumnya saya juga kerja di swalayan. Tapi jauh, kalau di sini kan dekat sekali dengan rumah. Jadi lebih enak. Selain itu gajinya juga lebih bagus. Senang sekali bisa kerja di sini,” ujarnya.

Hal senada juga diungkapkan karyawan Warung Cerdas Damandiri lainnya, Yuliati (32). Yuli yang sebelumnya bekerja sebagai SPG ini mengaku memilih bekerja di Warung Cerdas Damandiri karena alasan jarak yang lebih dekat.

“Senang bisa kerja di sini, dapat pengalaman baru. Jaraknya juga dekat karena berada di lingkup desa, gaji juga lumayan. Semoga warung ini bisa semakin maju, sehingga bisa memberikan dampak positif bagi Desa Trirenggo,” katanya.

Sebagai salah satu unit usaha KUD Gemah Ripah, Warung Cerdas Damandiri memiliki sebanyak 5 karyawan yakni 4 wanita dan 1 pria. Warung Cerdas Damandiri didirikan sebagai bagian dari program Desa Mandiri Lestari yang dicanangkan Yayasan Damandiri di Desa Trirenggo Bantul.

Dengan suntikan modal usaha senilai Rp250 juta dari Yayasan Damandiri, Warung Cerdas didirikan untuk memajukan perekonomian di Desa Trirenggo. Hanya dalam kurun waktu sekitar 1 bulan lebih, warung ini sudah semakin berkembang. Ditandai dengan akan ditetapkannya warung ini sebagai E-Warong atau agen resmi penyalur Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) pada bulan ini.

Ketua KUD Gemah Ripah, H Ambyah, berharap agar Warung Cerdas Damandiri yang dirintisnya dapat terus berkembang di masa yang akan datang. Selain memudahkan masyarakat khususnya pelaku usaha kecil untuk membeli barang grosir dengan harga murah, warung ini juga diharapkan dapat melayani seluruh warga penerima BPNT di Desa Trirenggo.

“Dengan semakin maju dan berkembang, diharapkan perekonomian di Desa Trirenggo semakin terangkat. Tak hanya memutar ekonomi pelaku UKM, adanya Warung Cerdas ini juga bisa membuka semakin banyak lapangan kerja baru bagi warga Desa Trirenggo,” katanya.

Baca Juga
Warga Bantul Manfaatkan Tabur Puja, Kembangkan Usa... YOGYAKARTA - Usaha rumahan busana tradisional adat Jawa milik Sri Subaidah, kini nampak semakin ramai dan berkembang. Tempat produksi yang berada di r...
Tabur Puja Pegang Teguh Prinsip Kekeluargaan dalam... YOGYAKARTA --- Sebagai sebuah organisasi ekonomi yang digerakkan untuk kepentingan bersama, Koperasi selalu menjalankan setiap kegiatannya berdasarkan...
Tabur Puja Kurangi Ketergantungan Warga Cabean pad... YOGYAKARTA --- Keberadaan Koperasi Unit Tabur Puja Kelompok Posdaya Angrek, terbukti mampu mengurangi ketergantungan masyarakat dusun Cabeyan Panggung...
Koperasi Posdaya Pengasih Targetkan SHU Rp66 Juta YOGYAKARTA - Sebagai induk program Tabungan Kredit Pundi Sejahtera (Tabur Puja) di kabupaten Kulonprogo, Koperasi Posdaya Pengasih, terus berupaya men...
Warung Posdaya, Gerakkan Perekonomian Warga Dusun ... YOGYAKARTA – Pendirian Warung Posdaya, sebagai salah satu program pemberdayaan masyarakat Posdaya Sadewo, terbukti mampu menggerakan perekonomian dusu...
Budi Daya Jamur Tingkatkan Ekonomi Warga YOGYAKARTA - Sebagai upaya memberdayakan ekonomi warga desa, Posdaya Sadewo di Dusun Pereng, Bumirejo, Lendah, Kulonprogo, mendorong warga untuk menan...