Wisata Carocok Painan Terus Bersolek

Editor: Makmun Hidayat

626

PESISIR SELATAN — Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, terus melakukan inovasi dan pembenahan terhadap lokasi wisata unggulan di daerah itu, Pantai Carocok Painan.

Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni bersama istri, Lisda – Foto: Ist/M. Noli Hendra

Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni, mengatakan pembenahan dilakukan bertujuan untuk menarik kunjungan wisatawan ke Pesisir Selatan. Carocok Painan adalah lokasi prioritas, namun tidak tertutup kemungkinan untuk melakukan pembenahan ke lokasi wisata lainnya.

Menurutnya, sejauh ini wisata Carocok Painan bisa dikatakan tidak pernah sepi pengunjung terutama diwaktu libur ujung pekan, dan kondisi akan semakin membludak pada saat libur lebaran.

“Kita tidak ingin wisatawan yang datang ke Carocok Painan, jadi merasa tidak nyaman. Jadi perlu dilakukan beberapa pembenahan,” katanya, Sabtu (14/7/2018).

Pembenahan dan inovasi pembangunan objek wisata tersebut dilakukan untuk panggung utama, taman, tempat bersantai, lampu hias dan lainnya, yang menunjang kenyamanan dan keindahan tempat wisata.

Upaya itu diharapkan semakin meningkatkan animo wisatawan berkunjung ke objek wisata di Pesisir Selatan. Tapi, Pemkab berharap kepada pengunjung atau masyarakat agar selalu menjaga kebersihan, dan meningkatkan kenyamanan bagi pengunjung Pantai Carocok Painan.

“Pariwisata kini telah menjadi ikon kabupaten ini. Sebab, dari waktu ke waktu terus berkembang serta berpengaruh terhadap perekonomian masyarakat,” jelasnya.

Untuk itu, perlu dilakukan peningkatan dan pembenahan pada setiap objek wisata, baik sarana dan prasarana maupun pelayanan dan pengamanan.

Semangat Pemkab Pesisir Selatan untuk melakukan pembenahan demi pembenahan tentu tidak tanpa alasan. Hendrajoni menyatakan, pembenahan dilakukan ingin menciptakan suasana wisata yang paling indah, aman dan nyaman.

“Bagaimana pengunjung dapat menikmati keindahan alam dengan aman dan nyaman. Kalau lokasi wisatanya tidak dilakukan pembenahan. Bagi saya, upaya itu dilakukan merupakan kunci agar objek wisata selalu dikunjungi, sehingga memberikan kontribusi bagi perekonomian masyarakat serta pemasukan bagi daerah,” ujarnya.

Di Pesisir Selatan sendiri memiliki pesona alam yang indah. Tidak hanya di Pantai Carocok Painan, tapi juga di wisata lainnya seperti Wisata Mandeh yang kononnya kata pengunjung mirip dengan wisata Raja Ampat Papua.

Maka dari itu, wisata yang ada di Pesisir Selatan menjadi daya tarik bagi pengunjung. Seperti di Pantai Carocok, Pulau Cingkuak, Bukit Langkisau, Pantai Salido, Jembatan Akar, Kawasan Mandeh dan lainnya.

Oleh karena itu, Hendrajoni meminta kepada Dinas Pariwisata setempat untuk harus bekerja lebih ekstra mengelola pariwisata ke depan. Akan tetapi, untuk mencapai target itu, Dinas Pariwisata tetap melakukan koordinasi dengan instansi lainnya, yang juga ikut andil dalam pengembangan dunia pariwisata.

“Intinya, pengembangan pariwisata harus dilakukan secara terpadu dengan melibatkan semua stakeholder,” tegasnya.

Ia menilai persoalan wisata merupakan tugas dan tanggungjawab bersama. Karena dengan adanya wisata tidak hanya menjadi kabar baik bagi pemerintah, tapi juga membuat ekonomi masyarakat jadi tumbuh dengan baik.

Untuk itu, Hendrajoni turus mengimbau kepada masyarakat untuk sama-sama menjaga nama baik wisata di Pesisir Selatan. Sehingga objek wisata di kabupaten tersebut tetap menjadi primadona bagi pengunjung.

Baca Juga
Lihat juga...