13.789 Anak di Sikka Sudah Diimunisasi MR

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

465

MAUMERE — Pelaksanaan imunisasi campak dan Rubella di berbagi pos, baik di sekolah, Posyandu, Puskemas dan Polindes di 21 kecamatan di kabupaten Sikka sudah mencapai 15 persen. Sejak dimulai, Rabu (1/8/2018) tercatat anak berusia 9 bulan hingga 15 tahun yang divaksinasi mencapai 13.789 orang.

“Hingga kemarin sudah terdata 13.789 anak yang mendapatkan imunisasi campak dan rubella dari target sebanyak 92.542 sesuai pendataan terbaru,” sebut Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit dinas Kesehatan Kabupaten Sikka, dr. Harlin Hutauruk, Senin (6/8/2018).

Harlin berharap hingga September 2018 nanti tidak ada keluhan dari masyarakat, terutama efek samping dari pemberian vaksin.

“Untuk Agsutus fokus pemberian di sekolah-sekolah, mulai dari PAUD hingga SMA. September fokus di desa dan kecamatan, baik di Polindes, Posyandu hingga Puskesmas,” terangnya.

dr Harlin Hutauruk
dr. Harlin Hutauruk Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Sikka. Foto : Ebed de Rosary

Target dinas Kesehatan kabupaten Sikka, tambah Harlin, tetap 100 persen anak harus mendapatkan imunisasi. Bila ada anak yang belum mendapatkan imunisasi akan didata dan dilakukan imunisasi susulan.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan kabupaten Sikka dr. Marian Bernadina Sada Nenu, MPH menjelaskan, pelaksanaan imunisasi dilaksanakan di 1.329 titik.

“Pelaksanaan imunisasi campak dan rubella difokuskan pada 130 PAUD, 86 TKK, 348 SD, 92 SMP, 29 SMA serta anak putus sekolah disusul pemberian imunisasi di 644 Posyandu. Semua anak hingga di pelosok desa harus mendapatkan imunisasi ini,” ungkapnya.

Disebutkan juga, pihaknya telah melakukan sosialisasi kepada masyarakat secara serempak dan masif baik di sekolah-sekolah maupun di kecamatan melalui Puskesmas dan aparat pemerintahan di wilayah tersebut.

Baca Juga
Lihat juga...