38 Bacaleg di Inhu Dicoret

1.054
KPU, Dok: CDN
TEMBILAHAN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Indragiri Hilir, mencoret 38 orang Bakal Calon Legislatif (Bacaleg), karena tidak mampu memenuhi syarat kelengkapan dokumen hingga detik akhir batas perbaikan.
“Terdapat sekitar 38 Bacaleg dari total 368 Bacaleg yang terdaftar, terpaksa kita coret,” ucap Komisioner KPU Inhil, Muhammad Dong, Minggu (12/8/2018).
M Dong mengatakan, 38 Bacaleg yang harus tersingkir dari ajang pertarungan Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 mendatang secara umum dikarenakan tidak mampu memenuhi syarat administrasi.
Ada pun 38 orang Bacaleg yang dicoret dari DCS antara lain, dari Partai Garuda 15 orang, PKPI 14 orang, Hanura 6 orang dan PSI 3 orang.
Dia menyebutkan, Bacaleg tidak memenuhi syarat (TMS) didominasi dari Parpol-parpol baru. Sedangakan Parpol besar secara keseluruhan Bacalegnya memenuhi syarat.
“Bacaleg yang tidak memenuhi syarat ini mengundurkan diri sebagai Bacaleg di parpolnya masing-masing, dan diganti dengan Bacaleg yang lain. Ada dua kali verifikasi, verikasi awal itu masih bisa melengkapi dan mengganti kalau mengundurkan diri, proses itu sudah dilalui semua,” papar M Dong.
Terkait keterwakilan perempuan, M Dong menuturkan, semua partai memenuhi dan keterwakilan perempuan mencukupi.
“Keterwakilan perempuan semua partai mencapai 30 persen, karena itu termasuk persyaratan mutlak,” ucapnya. (Ant)
Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.