56 Satwa Jadi Koleksi Museum Komodo TMII

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

1.124

JAKARTA — Badan Korservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) DKI Jakarta serahkan 56 ekor satwa hasil tegahan ke Taman Reptile Indonesia dan Museum Komodo Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta, Kamis (2/8/2018).

“Sebanyak 56 ekor satwa impor hasil tegahan ini akan menjadi koleksi Museum Komodo TMII,” kata Manager Unit Taman Burung dan Taman Reptil Indonesia serta Museum Komodo TMII, M.Piter Kombo kepada Cendana News, usai menerima satwa tersebut, Kamis (2/8/2018).

Dia menyebutkan, BKSDA DKI Jakarta turut andil dalam rangka mendukung museum dalam menambahan jenis koleksi, terutama satwa liar.

Di antara 56 ekor satwa ini terdapat ular piton, kura-kura moncong babi, kura-kura kaki gajah, kura-kura kecil atau cherry head yang cukup langka.

“Di pasar international jenis-jenis kura-kura ini cukup langka dan diburu kolektor,” ujar Kombo.

TMII
Manager Unit Taman Burung dan Taman Reptil Indonesia dan Museum Komodo TMII, Jakarta, Kamis (2/8/2018). Foto: Sri Sugiarti

Hadirnya 56 satwa ini memperkaya koleksi satwa-satwa yang ada di Museum Komodo TMII. Dimana saat ini, kata Kombo, kura-kura berjumlah sembilan jenis.

“Dengan adanya tambahan kura-kura dari BKSDA DKI Jakarta, maka jumlahnya kini menjadi 18 jenis,” sebutnya.

Kombo berharap dengan bertambahkan koleksi satwa ini, pengunjung Museum Komodo menjadi lebih tahu ragam jenis kekayaan alam hayati Indonesia, khususnya reptile.

Dia menjelaskan, kondisi 56 ekor satwa berasal dari perdagangan ilegal ini ada yang stres. Satwa-satwa tersebut akan diadaptasikan terlebih dahulu dengan satwa lainnya. Sehingga dilakukan penyekatan di dalam area karantina.

Menurut Kombo, dibutuhkan waktu sekitar 14 hingga 30 hari bagi kura-kura dan piton tersebut di karantina. Sebelum nantinya akan disatukan dengan kura-kura dan piton lain di museum ini.

“Setelah di karantina, satwa baru ini akan ditampilkan ke pengunjung sebagai koleksi Museum Komodo TMII,” tutupnya.

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.